DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Konsultasi Rancangan RUED Kaltara, penyusunan RUED-P agar Lebih Detail

15 Januari 2019 Berita
JAKARTA - Dalam pertemuan DEN dengan DPRD dan Dinas ESDM Kalimantan Utara (Selasa, 15/1) yang dipimpin oleh Prof. Syamsir Abduh, Anggota DEN meminta agar Rancangan RUED yang disusun dapat menjelaskan program kegiatan RUED-P lebih detail secara rinci mengenai lokasi, waktu dan anggaran.
 
Terkait pembahasan mengenai lembaga yang mengawasi dalam implementasi RUED, Anggota DEN menyampaikan bahwa ada beberapa referensi kelembagaan pengawasan yang bisa digunakan, terutama Pemerintah Daerah yang sudah menetapkan RUED-nya. Tergantung dinamika dari daerah-nya. 
 
Anggota DEN menambahkan, permasalahan energi tidak mampu diselesaikan sektor energi sendiri, perlu melibatkan banyak sektor. “Ini harus berkoordinasi dengan baik, pada saat menyusun RUEN tidak sederhana, karena masing-masing sektor memiliki aturan dan perlunya koordinasi yang baik.”
 
Sebelum menutup rapat konsultasi, Prof. Syamsir mengatakan, “Meskipun Kaltara ini datang belakangan, waktu Sidang Anggota dilaporkan Provinsi Kaltara agak tertinggal di dalam menyusun draft RUED-nya. Ternyata kami berbangga, bahwa ternyata saat ini sudah di depan. Proses konsultasi sudah benar. Tinggal beberapa poin masukan dari hasil rapat koordinasi perlu dipikirkan.”
 (Teks: TR/Foto: OT).
Bagikan berita ini


© 2016 - 2019 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.