DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Muliakan Tukang Becak, Universitas Gadjah Mada Luncurkan Becak Listrik

18 Januari 2019 Berita
Melalui kerjasama dengan PT. PLN, Universitas Gadjah Mada melakukan peresmian dan peluncuran becak berbasis tenaga listrik pada Jumat (18/1) bertempat di gedung pusat Universitas Gadjah Mada. Peresmian dilakukan langsung oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan yang pada kesempatan sebelumnya juga memberikan kuliah umum dengan tema “Peran Universitas dalam pengembangan Energi Baru dan Terbarukan” yang dihadiri oleh Rektor UGM dan jajarannya, Anggota Dewan Energi Nasional, Pejabat di Lingkungan Kementerian ESDM dan para hadirin lainnya.
 
Sebanyak 12 becak listrik yang telah diproduksi ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam untuk pengisian baterai hingga penuh dan dapat menempuh jarak kurang lebih 40 Kilometer. Pengisian baterai pun dapat dilakukan dimana saja sehingga memudahkan para pengemudinya. Selain itu metode kayuh manual yang ada pada becak ini tetap dapat digunakan seperti becak pada umumnya. Salah satu pengemudi becak yang hadir dalam peluncuran tersebut menuturkan bahwa program ini sangat membantu para pengemudi becak karena dapat mengurangi beban tenanga yang dikeluarkan untuk mengayuh becak. Selain itu juga mempercepat waktu tempuh perjalanan. Untuk diketahui bahwa becak listrik ini memiliki kecepatan maksimal hingga 15 KM/Jam. 
 
Ditemui sesaat seusai peluncuran becak listrik tersebut anggota DEN, Tumiran menuturkan becak listrik ini merupakan terobosan yang harus diapresiasi kepada semua pihak yang terlibat, pengembangan becak listrik ini juga merupakan upaya untuk membantu tukang becak serta melestarikan budaya masyarakat Yogyakarta.
 
Becak Listrik merupakan moda transportasi tradisional yang juga dapat diposisikan sebagai moda transportasi wisata. Program becak listrik dapat menjadi solusi modernisasi becak yang mengedepankan energi baru terbarukan yang ramah lingkungan. 

Text&Foto: AM&CTA

Bagikan berita ini


© 2016 - 2019 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.