DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Sidang Anggota ke-27 Dewan Energi Nasional

21 Februari 2019 Berita

SIARAN PERS

NOMOR: 01/Humas/2019
Tanggal: 21 Februari 2019

SIDANG ANGGOTA KE-27 DEWAN ENERGI NASIONAL

Kamis, 21 Februari 2019, telah dilaksanakan Sidang Anggota ke-27 Dewan Energi Nasional (DEN), bertempat di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Sidang Anggota ke-27 DEN dipimpin oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral selaku Ketua Harian DEN Ignasius Jonan.

Sesuai amanat Undang Undang Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi, bahwa Pemerintah Daerah menyusun rencana umum energi daerah dengan mengacu pada rencana umum energi nasional. Pemerintah Daerah sedang menyusun RUED Provinsi yang mengacu pada Perpres Nomor 22 Tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional. Sidang Anggota ke-27 DEN membahas progres penyusunan Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Provinsi, yang dihadiri Anggota DEN dari Unsur Pemerintah atau yang mewakili dan Anggota DEN dari Unsur Pemangku Kepentingan.

Dalam Sidang Anggota tersebut dilaporkan bahwa terdapat dua Provinsi yang telah menyelesaikan Peraturan Daerah (Perda) RUED Provinsi yaitu Jawa Tengah dengan Perda Nomor 12 Tahun 2018, dan Jawa Barat dengan Perda Nomor 2 Tahun 2019.  Terdapat 24 Provinsi yang telah melakukan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2019 yang dibahas bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi. Sebanyak dua Provinsi telah mengalokasikan anggaran untuk penyusunan Naskah Akademis dan Rancangan Perda RUED Provinsi di tahun 2019 tetapi belum masuk di Propemperda 2019.

Selain itu, beberapa isu yang dibahas dalam rangka penyusunan dan implementasi RUED Provinsi adalah terkait dengan dukungan pendanaan, pemanfaatan bioetanol, pemanfaatan kendaraan listrik, pemanfaatan Dymethil Ether (DME) sebagai campuran LPG, pembangunan infrastruktur energi dalam RTRW, serta pembangunan PLTA, PLTMH dan PLTP di Kawasan Tropical Rainforest Heritage of Sumatera.

Penyusunan RUED Provinsi ini dilakukan oleh Tim teknis RUED dari Daerah dan didampingi secara penuh oleh Tim Pembinaan Penyusunan RUED dari Pusat yang terdiri dari DEN, kementerian ESDM dan didukung oleh Bappenas dan BPPT serta Kementerian Dalam Negeri.

Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi

dan Persidangan

Mustika Pertiwi

Bagikan berita ini


© 2016 - 2019 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.