DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Pemprov NTB dan Denmark Jalin Kerja Sama Bidang Energi dan Lingkungan

28 Februari 2019 Berita

Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki potensi energi terbarukan yang cukup melimpah, di antaranya energi air, panas bumi, angin, biomassa, biogas dan surya. Meskipun memiliki potensi energi terbarukan yang melimpah namun pemanfaatannya baru dilakukan secara terbatas karena pertimbangan biaya dan teknologi yang terbatas. Dalam rangka pengembangan energi terbarukan di Provinsi NTB, telah ditandatangi Letter of Intent tentang Energi Terbarukan & Bersih (Sektor Energi), Ekonomi Sirkular & Pengelolaan Sampah Padat (Sektor Lingkungan) oleh Gubernur Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov. NTB) dan Duta Besar Denmark pada tanggal 27 Februari 2019 di Mataram.
Penandatangan tersebut dihadiri dan disaksikan oleh Sekretaris Jenderal DEN, perwakilan Danish Energy Agency, perwakilan Danish Environmental Protection Agency (DEPA), Kadis NTB, dan perwakilan Pemda Prov. NTB.
Kerjasama tersebut bertujuan untuk saling mendukung, meningkatkan, memajukan aksesibilitas, memperluas kemitraan B2B dan investasi terkait sektor energi dan sektor lingkungan, melanjutkan dan mempromosikan investasi yang saling menguntungkan dalam kerja sama di masa yang akan datang antara Indonesia dan Denmark.
Gubernur NTB menyambut baik kerja sama ini, dan berharap kerja sama dapat dilakukan secara kongkrit, mendatangkan banyak investor. Pengembangan tidak hanya sebatas di pulau Lombok tetapi juga di Pulau Sumbawa dan wilayah lainnya.
Pemprov NTB dan Denmark sepakat untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil melalui perencanaan energi jangka panjang dan pengembangan sumber energi yang terjangkau dan berkelanjutan serta peningkatan efisiensi energi. (Teks: KD/ Foto: KD)

Bagikan berita ini


© 2016 - 2019 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.