DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Konsultasi Raperda RUED Provinsi Kalimantan Timur

28 Februari 2019 Berita

Dewan Energi Nasional (DEN) bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melakukan konsultasi Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Provinsi Kalimantan Timur. Rapat dipimpin Anggota DEN Achdiat Atmawinata dan dihadiri Anggota DEN, Sekretaris Jenderal DEN, DPRD Kalimantan Timur dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur di kantor DEN, (28/2).

RUED Provinsi adalah kebijakan Pemerintah Provinsi mengenai rencana pengelolaan energi tingkat provinsi yang merupakan penjabaran dan rencana pelaksanaan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) yang bersifat lintas sektor untuk mencapai sasaran RUEN.

RUEN menjadi pedoman dalam penyusunan RUED Provinsi, Rencana Strategis Kementerian/Lembaga, koordinasi perencanaan lintas sektor (Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah) dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan nasional bidang energi

Achdiat mengatakan “Peran dan manfaat RUED Provinsi bagi daerah di antaranya adalah menjamin ketersediaan energi di daerah hingga tahun 2050 dan mendukung rencana pembangunan dan pengembangan daerah kawasan industri”.

Lanjut Achdiat, RUED Provinsi juga sebagai dasar bagi daerah untuk mengajukan anggaran melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) / Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk pengembangan infrastruktur energi daerah terutama energi baru terbarukan.

Sekretaris Jenderal DEN Saleh Abdurrahman menganjurkan dalam penyusunan RUED Provinsi Kalimantan Timur dengan optimistis, tidak menggunakan pendekatan business as usual. “Mohon teman-teman di daerah bersama DPRD menggunakan pendekatan skenario optimis”.

Sejalan dengan itu, Anggota DEN Syamsir Abduh mengatakan bahwa dalam penyusunan RUED Provinsi memprioritaskan dari sumber daya yang dimiliki masing-masing Provinsi.

Berdasarkan RUEN, Kalimantan Timur memiliki potensi energi air sebesar 16.844 MW (bersama Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah) dan potensi energi surya sebesar 13.479 MW. (Teks: TR/Foto: CTA).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2019 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.