DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Sekjen DEN: RUED Harus Menjadi Dokumen Kebanggaan Daerah

09 April 2019 Berita

Sekretaris Jenderal DEN, Dr. Ir. Saleh Abdurrahman, M.Sc menjadi pembicara dalam Rapat Asistensi dan Supervisi Daerah dalam Penerapan NSPK Bidang ESDM yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah bertempat di Hotel Kaisar Jakarta pada Selasa, 9 April 2019. Hadir dalam rapat tersebut antara lain perwakilan Kementerian ESDM, Ditjen Otda Kemendagri, dan perwakilan dari Dinas ESDM Provinsi.

Rapat dibuka oleh Sesditjen Bina Bangda Kemendagri, Ir. Zanariah, M.Si. Ia menuturkan bahwa dari 34 Provinsi baru 2 Provinsi yang menyeleseaikan Perda RUED, sementara lainnya masih dalam proses penyelesaian. Hal ini yang menjadi evaluasi dan catatan penting pada bahasan pertemuan kali ini. Selain itu, kebijakan kearah energi baru terbarukan juga menjadi fokus dalam penyusunan RUED.

Sementara itu pada kesempatan ini, Sekretaris Jenderal DEN menuturkan bahwa untuk mendorong percepatan penyusunan RUED dan juga perencanaan energi di Indonesia, maka rencana akan dibentuk Unit Pelayanan Perencanaan Energi. Selain itu, dalam penyusunan RUED, matriks program kegiatan harus menjadi perhatian dalam menyusun RUED. Disamping itu, kualitas data Energi Baru Terbarukan juga harus menjadi perhatian utama. Nantinya RUED diharapkan menjadi dokumen kebanggaan setiap daerah dalam pengelolaan energi sehingga memberikan kemudahan dan kepastian investasi.
(Teks&Foto: CTAMB)

Bagikan berita ini


© 2016 - 2019 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.