DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Perubahan Paradigma Pemakaian Energi Fosil menjadi Listrik untuk Pencapaian Target KEN

09 April 2019 Berita

Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Mustika Pertiwi menjadi pembicara pada Gebyar Energi Juara: Peluncuran Program Konversi Kompor gas ke Kompor Listrik di Jawa Barat (9/4).

Pada kesempatan tersebut, Mustika membawakan paparan berjudul kondisi dan tantangan perubahan paradigma pemakaian energi fosil menjadi energi energi listrik dalam rangka pencapaian target Kebijakan Energi Nasional (KEN).

Mustika menjelaskan bahwa data tahun 2018, impor LPG sudah 73,8% dan 88,6% LPG dipakai untuk konsumsi subsidi, untuk itu pemerintah mendukung substitusi kompor induksi. Dengan catatan agar sektor pembangkitan tidak terlalu mengandalkan energi berbasis fosil.

Di dalam KEN mengamanatkan ke arah energi baru terbarukan. Kemandirian energi dicapai dengan menjadikan energi sebagai modal pembangunan. Selain itu untuk mengoptimalkan pemanfaatan energi untuk pembangunan ekonomi nasional dan penciptaan nilai tambah di dalam negeri dan penyerapan tenaga kerja.

Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan Kementerian ESDM, Kementerian Dalam Negeri,  Pemerintah Daerah Jawa Barat, ITB, PLN dan Masyarakat Ketenagalistrikan.

Kegiatan ini dalam rangka menyukseskan program pembangunan Pemerintah Daerah jawa Barat di bidang energi dan ketenagalistrikan, yaitu menurunkan emisi karbon, mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar gas LPG serta mendukung peningkatan konsumsi listrik per kapita Jawa Barat. (Teks: TR/Foto: JTD).

 

Bagikan berita ini


© 2016 - 2019 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.