DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Menteri Jonan Resmikan Proyek Kelistrikan di NTT

11 April 2019 Berita

Menteri ESDM Ignasius Jonan meresmikan proyek kelistrikan di Nusa Tenggara Timur (NTT) di Manggarai Barat, NTT (11/4) didampingi Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional Saleh Abdurrahman, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi FX Sutijastoto, Bupati Manggarai Barat Agustinus C. Dula dan Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara PT. PLN (Persero) Djoko Rahardjo Abumanan.

Proyek kelistrikan yang diresmikan antara lain Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Mobile Power Plant (MPP) Flores 20 MW, Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 70 kV Labuan Bajo – Ruteng dan Gardu Induk (GI) Labuan Bajo, SUTT 70 kV Ruteng – Ulumbu, GI Ruteng, dan GI Ulumbu, Program sambungan listrik gratis kepada 11.000 rumah tangga miskin dan tidak mampu melalui Corporate Social Rensposibility (CSR) PT PLN (Persero) serta pencanangan pembangunan PLTS komunal di 11 lokasi tersebar di NTT.

Dengan dibangunnya infrastruktur kelistrikan di NTT ini, disamping meningkatkan keandalan suplai listrik juga untuk memenuhi pertumbuhan permintaan listrik di masa datang, mengingat kebutuhan listrik NTT khususnya Labuan Bajo akan terus didorong untuk kebutuhan pariwisata.

NTT merupakan salah satu Provinsi yang rasio elektrifikasinya masih tertinggal dari provinsi-provinsi lain di Indonesia. "Namun, perlahan-lahan dapat diatasi dengan berbagai program kelistrikan di NTT," ungkap Jonan.

Sementara itu, Gubernur NTT Josef Nae Soi mengatakan bahwa dengan adanya peresmian ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian secara optimal masyarakat Manggarai Barat khususnya dan NTT pada umumnya.

"Kita bersama-sama menjaga infrastruktur kelistrikan ini dengan baik sehingga dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat dalam jangka waktu yang lama," pesan Jonan. (Teks: TR).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2019 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.