DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Rusia menyelaraskan sistem pelaporan sumberdayanya sesuai dengan norma Internasional

27 April 2011 Berita
Dalam rangka meningkatkan investasi pertambangannya, Rusia menyelaraskan sistem pelaporan sumberdayanya dengan template dari Committee for Mineral Reserves International Reporting Standards (Crirsco). Sistem ini diakui pasar modal- pasar modal besar, sehingga menempatkan industri mineral Rusia satu langkah lebih maju menuju akses yang lebih mudah ke pasar modal global.
 
Bekerja sama dengan Crirsco, sebuah kelompok industri yang mempromosikan best-practice dalam standar pelaporan mineral, Russia’s State Commission on Mineral Reserves (GKZ) ingin mempermudah evaluasi proyek-proyek pertambangan bagi calon investor dan pemodal dalam negeri.
 
Ketua Crirsco Afrika Selatan, Roger Dixon mengatakan bahwa penyelarasan standar pelaporan mineral Rusia dengan template Crirsco merupakan tonggak untuk sektor mineral global, mengingat signifikansi Rusia sebagai kekuatan pertambangan. Proses ini diyakini akan membantu membuka pintu untuk pembiayaan proyek dari seluruh bursa saham dunia, dan itu akan memberikan dorongan untuk eksplorasi dan pertambangan mineral Rusia.
 
"Salah satu perbedaan utama yang telah memisahkan standar Crirsco dengan standar yang digunakan oleh GKZ adalah ketentuan bahwa, di sebagian besar negara-negara pertambangan, definisi sumber daya  (resource) mencakup ekspektasi ekstraksi ekonomi, artinya bahwa ekstraksi harus terjangkau. Ini adalah salah satu isu yang harus dipecahkan oleh  kelompok kerja ketika menyusun pedoman, " demikian kata Dixon.
 
Pedoman baru tersebut  meliputi indicative matching dari kategori sumber daya Rusia dan kategori sumber daya Crirsco, dan prosedur-prosedur untuk memperoleh estimasi reserve Crirsco, serta menggarisbawahi definisi peran ‘competent person’ dalam proses pelaporan.
 
Seperangkat pedoman ini merupakan langkah pertama yang penting dalam menyederhanakan proses pendaftaran proyek-proyek Rusia di pasar investasi internasional. Langkah berikutnya akan mengarah pada pengembangan sebuah standar pelaporan baru Rusia yang selaras dengan template Crirsco dan keanggotaan independen Rusia dalam Crirsco.
 
Sementara itu, sejumlah ahli geologi Rusia melaporkan bahwa, melalui keanggotaan mereka dalam European Federation of Geologists, mereka telah diakui sebagai profesional oleh semua anggota organisasi Crirsco dan otoritas bursa di negara-negara tersebut.
 
Penyelarasan sistem pelaporan ini akan membuka jalan bagi kelompok kerja Crirsco-GKZ untuk mengembangkan kode paralel, yang selaras dengan template Crirsco.
 
Standar baru ini, akan berlaku secara paralel dengan sistem pelaporan mineral nasional Rusia yang ada saat ini, dan akan digunakan untuk pelaporan oleh perusahaan-perusahaan Rusia di pasar saham Rusia dan di seluruh dunia.

Template Crirsco untuk pelaporan internasional resource dan reserve mineral telah berevolusi dari tahun ke tahun dengan konsultasi antara negara-negara penghasil mineral di dunia, yang dapat diaplikasikan sebagai batu loncatan untuk mengakses pasar modal global.
 
 (Sumber Miningweekly)-SM
Bagikan berita ini


© 2016 - 2019 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.