DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

DEN Bahas Tropical Rainforest Heritage of Sumatera: Fokus Kurangi Emisi

25 Juni 2019 Berita

Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) menetapkan target pengembangan agar ditambah Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) pada tahun 2025 sebesar 7,2 GW.

Sementara itu terdapat 3,4 GW potensi sumber daya panas bumi yang berada di dalam kawasan Tropical Rainforest Heritage of Sumatera (TRHS) yang sampai saat ini masih belum memungkinkan untuk dimanfaatkan, karena adanya larangan untuk melakukan eksplorasi panas bumi dalam kawasan TRHS tersebut.

Rapat yang dipimpin oleh Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Abadi Poernomo, membahas pengembangan panas bumi di kawasan TRHS di Kantor DEN, Gedung Widjajono Partowidagdo (25/6). Ia menyampaikan pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) berfokus pada pengurangan emisi karbon.

Sementara itu, Asisten Deputi Warisan Budaya Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Pamuji Lestari menjelaskan bahwa mendukung pengembangan green energy.

Untuk selanjutnya, dalam mendukung pengembangan EBT, akan dibuat policy paper terkait pengembangan panas bumi di kawasan TRHS. “Saya mohon sekali, kita gotong royong, kita targetkan waktu kapan untuk menyelesaikan. Kita PMK akan memfasilitasi,” ujarnya.

Abadi menutup rapat dengan berharap jika policy paper sudah siap akan diajukan untuk menjadi agenda pada Sidang Anggota DEN. “Kita sepakat bahwa kita solved the problem terkait TRHS,” tutupnya.

Rapat tersebut dihadiri oleh Anggota DEN, Kemenko Bidang PMK, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Kementerian Luar Negeri, Kementerian Energi dan Sumber Daya mineral (ESDM), Sekretariat Jenderal DEN dan Asosiasi Panas Bumi Indonesia. (Teks: TR/Foto: OT).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2019 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.