DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Percepatan Penyediaan Lahan untuk BBN, Sekjen DEN: Amanat Perpres RUEN 4 Juta Hektar

03 Juli 2019 Berita

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Energi Nasional (DEN) Saleh Abdurrahman memimpin rapat penyiapan bahan formulasi kebijakan enregi lintas sektor di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Jakarta (3/7).

Hadir dalam rapat tersebut Anggota DEN, Wakil Tetap Anggota DEN dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), perwakilan Sekretariat Jenderal DEN, Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia dan Perum Perhutani. Rapat membahas percepatan penyediaan lahan guna memenuhi kebutuhan Bahan Bakar Nabati (BBN).

Saleh menyampaikan, “Peraturan Presiden (Perpres) No. 22 tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) mengamanatkan untuk menyediakan lahan seluas 4 juta hektar secara bertahap dalam rangka memenuhi bahan baku BBN”.

Anggota DEN Abadi Poernomo, mengapresiasi Kementerian LHK dalam mendukung pengembangan energi. “Saya apresiasi Kementerian LHK, mempunyai konsep dan support terhadap pengembangan energi yang luar biasa,” ujarnya.

Senada dengan Abadi, Anggota DEN Pudji Untoro mengaku senang terhadap pembahasan ini. “Saya senang, ‘hutan menjadi terang’ untuk pengembangan energi, kalau kita mengoptimalkannya. Kita tinggal aksi saja, poin yang masih menjadi kendala, itu yang harus kita atasi,”ucapnya

Sementara itu, Wakil Tetap Anggota DEN dari Kementerian LHK Hudoyo berharap adanya rekomendasi dari DEN terkait tanaman untuk pengembangan energi ke depannya. “Kami mengharapkan ada rekomendasi dari DEN untuk tanaman energi,” pungkasnya.

Saleh menutup rapat dengan pembahasan tindak lanjut terhadap skema bisnis yang bisa diusulkan kepada investor dan skema perizinan yang mempermudah investasi. Teks: TR/Foto: OT.

Bagikan berita ini


© 2016 - 2019 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.