DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Katalis “MERAH PUTIH” Berkibar di Nusantara

09 Juli 2019 Berita

Anggota DEN berkesempatan untuk melakukan kunjungan kerja dalam rangka pemantauan hasil riset inovasi Katalis Merah Putih untuk mendukung percepatan pencapaian target produksi BBN sesuai dengan Perpres No. 22 Tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional (9/7). Adapun Anggota DEN yang hadir dalam kegiatan tersebut antara lain adalah Rinaldy Dalimi, Pudji Untoro, Syamsir Abduh dan Achdiat Atmawinata.

Bertempat di Laboratorium Teknologi Reaksi Kimia dan Katalis, Institut Teknologi Bandung (ITB), kegiatan dimulai dengan rapat yang dipimpin langsung oleh Guru Besar ITB, Prof. Dr. Ir. Subagjo. Ia menuturkan bawasannya sebagian besar katalis yang digunakan saat ini masih berasal dari impor. Nantinya katalis hasil pengembangan ITB akan diproduksi di pabrik melalui kerjasama dengan PT. Pupuk Kujang, PT. Pupuk Iskandar Muda dan PT. Pertamina.

“Untuk roadmap pengembangan teknologi BBN sendiri sudah dikoordinasikan dengan BAPPENAS dengan perkiraan produksi hingga 20.000 Barrel / hari pada tahun 2025 nantinya. “Selain bensin nabati, kami juga mengembangkan katalis untuk solar nabati dan avtur nabati serta beberapa katalis lain”, Pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan langsung ke Laboratorium Teknologi Reaksi Kimia dan Katalis (TRKK) untuk melihat bagaimana proses pembuatan Katalis Merah Putih mulai dari bahan baku seperti alumina, silika dan mineral lainnya. Proses pembuatan dari bahan baku hingga menjadi katalis membutuhkan waktu kurang lebih 1 hingga 2 minggu.

Sementara itu Rinaldy Dalimi menyampaikan bahwa Katalis Merah Putih hasil produksi dalam negeri ini tentunya diharapkan mampu menggantikan impor kedepannya. Namun tentunya membutuhkan dukungan dari pemerintah agar dapat terealisasi dengan baik. Teks&foto: CTA

Bagikan berita ini


© 2016 - 2019 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.