DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Konsultasi Raperda RUED Jambi, Wakil Tetap Anggota DEN Dedi Nursyamsi: Energi Harus Efisien

18 Juli 2019 Berita

Sore ini, Wakil Tetap Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) dari Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi memimpin rapat konsultasi penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Provinsi Jambi di Kantor DEN, Gedung Widjajono Partowidagdo, Jakarta, 18/7.

Hadir dalam rapat tersebut Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Biro Hukum Provinsi Jambi, perwakilan Sekretariat Jenderal DEN dan Kementerian ESDM serta Kementerian Dalam Negeri.

RUED Provinsi adalah kebijakan Pemerintah Provinsi mengenai rencana pengelolaan energi tingkat Provinsi yang merupakan penjabaran dan rencana pelaksanaan Peraturan Presiden No 22 Tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional yang bersifat lintas sektor

Sugita Tenaga Ahli Menteri ESDM mengatakan, “RUED adalah cerminan mimpi energi Provinsi Jambi.” Lebih lanjut, ia mengusulkan dalam perencanaan pembangunan pelabuhan dekat dengan kawasan industri, agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Sugeng Mujiyanto mengatakan terkait Raperda RUED Provinsi Jambi, “Over all, Raperda RUED Jambi ini sudah sesuai dengan apa yang kita inginkan. Tapi, belum sesuai dengan apa yang kita impikan. Untuk itu perlu mimpi yang lebih tinggi.”

Sedangkan Kepala Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis dan Pengawasan Energi menekankan untuk percepatan penyelesaian Raperda RUED Jambi. “Kalau Perda ini cepat disahkan akan menjadi dorongan bagi investor,” ujarnya.

Senada dengan hal itu, Sekretaris Panitia Khusus (Pansus) III DPRD Jambi Wiwid Iswara berharap jika Perda RUED ini disahkan dapat menarik investor. “Tentunya membawa dampak positif bagi masyarakat,” harapnya.

Dedi Nursyamsi menutup rapat dengan mengajak peserta rapat untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing produk. “Karena ke depan yang paling efisien itu yang akan menang. Salah satu cara untuk efisiensi adalah energi. Energi harus efisien,” pungkasnya. (Teks: TR/Foto: OT).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2019 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.