DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Percepatan Penyediaan Lahan Bioenergi

25 Juli 2019 Berita

Staf Ahli Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Saleh Abdurrahman memimpin rapat pembahasan percepatan penyediaan lahan bioenergi di Tangerang Selatan, Banten (25/7).

Dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) mengamanatkan penyediaan lahan seluas 4 juta hektar secara bertahap untuk memenuhi kebutuhan bahan baku Bahan Bakar Nabati (BBN).

RUEN juga mengamanatkan untuk memprioriaskan penggalakkan budi daya tanaman-tanaman biomasa non pangan untuk bahan baku bioenergi.

Untuk itu, Saleh menyampaikan tujuan pembahasan adalah untuk menyusun formulasi terobosan kebijakan percepatan penyediaan lahan bioenergi.

Tambah Saleh, “Selain itu, yang perlu kita bahas lebih lanjut mengenai pembahasan opsi skema bisnis untuk pemanfaatan Hutan Tanaman Energi dengan harga keekonomian.”.

“Terobosan apa yang bisa kita hasilkan, termasuk pricing policy,” tutupnya.

Rapat dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian ESDM, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN), Pertamina, Perhutani dan Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI). (Teks & Foto: TR).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2019 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.