DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Prospek Pengembangan dan Peningkatan Pemanfaatan Gas Bumi di Kalimantan

31 Juli 2019 Berita

Sekretariat Jenderal DEN yang diwakili oleh Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan, Sugeng Mujiyanto, menjadi salah satu Narasumber dalam FGD “Prospek Pengembangan dan Peningkatan Pemanfaatan Gas Bumi di Kalimantan, Melalui Pembangunan Pipa Ruas Transmisi Trans Kalimantan” yang diselenggarakan oleh Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) pada Rabu (31/7).

Kegiatan FGD ini dibuka langsung oleh Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugiyanto Saban. Ia menuturkan bawasannya Provinsi Kalimantan Tengah siap untuk menyediakan lahan untuk pembangunan proyek pipa gas trans Kalimantan ini “kami akan berusaha semaksimal mungkin karena ini tentunya sangat bagus karena dengan adanya jaringan gas ini pasti akan lebih ramah lingkungan dan lebih murah untuk masyarakat umum”.

Sementara itu Kepala BPH Migas, Fanshurullah Asa, menyatakan bahwa ia berharap proyek Pipa Gas Trans Kalimantan ini dapat dimasukkan kedalam RPJMD tahun 2020-2024 dan juga dimasukkan kedalam Proyek Strategis Nasional. Hal inilah yang sedang dibahas mendalam bersama Bappenas. “Kita melihat dimana masih banyak PLTD di kalimantan ini, dengan melihat besarnya potensi gas di kalimantan ini diharapkan dapat menggantikan penggunaan disel untuk pembangkitan listrik di Kalimantan.

Pada sesi paparannya Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan menyampaikan bahwa “Proyeksi penggunaan gas pada bauran energi primer masing-masing provinsi di Kalimantan adalah sebesar 15.2% (Kalimantan Barat), 12.2% (Kalimantan Tengah), 7.8% (Kalimantan Selatan), 34.7% (Kalimantan Timur) dan 7.1% (Kalimantan Utara).” Pungkasnya.
Teks&Foto: CTA

Bagikan berita ini


© 2016 - 2019 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.