DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Formulasi Kebijakan Percepatan Pemanfaatan Biofuel

20 Agustus 2019 Berita

Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) mengadakan rapat formulasi kebijakan percepatan pemanfaatan biofuel di Gedung Widjajono Partowidagdo (20/8).

Rapat dipimpin oleh Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Sekretariat Jenderal DEN Sugeng Mujiyanto, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bagian Fasilitasi Kebijakan Energi Lisa Ambarsari.

Lisa menyampaikan bahwa rapat bertujuan untuk mengetahui hasil kajian keekonomian pemanfaatan biofuel berbasis Crude Palm Oil (CPO)dengan penggunaan katalis merah putih.

“Kita ingin memastikan dari sisi regulasi apakah sudah mendukung. Juga, sektor lainnya untuk pengembangan biofuel ini”, pungkas Lisa.

Dalam paparan Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) Subagjo diungkap keunggulan Katalis Merah Putih antara lain kinerja katalis handal (konversi dan stabilitas melebihi standar), umur lebih panjang, katalis dibuat sesuai kebutuhan operasi (tailor made).

Lebih lanjut, Subagjo menjelaskan, “Untuk pengembangan katalis melewati proses yaitu uji lab, uji pilot setelah itu uji komersial”.

Hadir dalam rapat tersebut dari perwakilan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, ITB, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan Pertamina.

(Teks: TR/ Foto: OT).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2019 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.