DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Setjen DEN Terima APERC, Bahas The 7th Edition of APEC Energy Demand and Supply Outlook

21 Agustus 2019 Berita

Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) melaksanakan pertemuan dengan Asia Pacific Energy Research Centre (APERC) di Gedung Widjajono Partowidagdo, Jakarta (21/8).

Pertemuan dalam rangka membahas The 7th Edition of APEC Energy Demand and Supply Outlook Roadshow in Indonesia.

Hadir dalam pertemuan tersebut perwakilan APERC, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), PGN dan Danish Energy Agency (DEA).

Pimpinan rapat Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Sugeng Mujiyanto menyampaikan bahwa error forecasting pada Outlook Energi Indonesia dibandingkan realisasi yang ditemukan sangat kecil, artinya hasil pemodelan yang dibuat mendekati angka realisasi.

Lebih lanjut, Kepala Sub Bagian Pemantauan Pelaksanaan Rencana Umum Energi (RUEN) Nanang Kristanto menyampaikan salah satu rekomendasi dalam Outlook Energi Indonesia 2019 adalah mempromosikan penggunaan mobil listrik yang diikuti oleh pembatasan usia kendaraan untuk maksimum 10-25 tahun.

Sementara itu, Assistant to the Senior Vice President APERC David Wogan menyampaikan bahwa tren utama APEC pada tahun 2050 antara lain permintaan energi final terus tumbuh, terutama didorong oleh gedung dan transportasi, serta permintaan listrik meningkat di semua skenario.

Senior Researcher APERC Gigih Udi Atmo menyampaikan bahwa diperlukan dukungan kebijakan untuk meningkatkan ekonomi untuk pengembangan energi terbarukan, terutama air, panas bumi dan biofuel. (Teks: TR/ Foto: OT).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2019 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.