DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Workshop Tool NEXSTEP bersama UNESCAP

19 November 2019 Berita

Sekjen DEN yang diwakili Kepala Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis dan Pengawasan Energi Ediar Usman membuka workshop National Expert Sustainable Development Goal Tool for Energy Planning (NEXSTEP) di Gedung Widjajono Partowidagdo, Jakarta (19/11).

Workshop dilakukan atas kerja sama Setjen DEN dengan United Nations Economic and Social Comission for Asia and the Pasific (UNESCAP) dan dihadiri oleh perwakilan Kementerian ESDM, Kementerian PPN/Bappenas, BPPT dan Indonesian Institue for Energy Economics.

Workshop yang dilaksanakan selama dua hari ini merupakan tindak lanjut pertemuan sebelumnya pada bulan Maret 2019 antara Setjen DEN dan UNESCAP, untuk pelatihan dan uji coba tool NEXSTEP dan berdiskusi dengan para planner serta modeler dalam pengembangan tool NEXSTEP.

Dalam sambutannya, Ediar menyampaikan bahwa NEXSTEP dapat dimanfaatkan untuk memproyeksikan Sustainable Development Goal (SDG) 7, seperti rasio elektrifikasi, energi bersih, bauran energi dan intensitas energi.

Ediar menambahkan Setjen DEN melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) yang berdasarkan pada Kebijakan Energi Nasional (KEN).

Ediar berharap program yang ada pada SDG7 dapat berkolaborasi dan selaras dengan program RUEN.

Selain itu, kerja sama dan dukungan diperlukan dalam pengelolaan energi untuk mewujudkan ketahanan energi Indonesia. (Teks: TR/Foto: OT).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2019 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.