DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Focus Group Discussion dengan tema RUKD untuk Mewujudkan Bali Energi Bersih dan Hijau

05 Desember 2019 Berita

Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional (Setjen DEN) menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penguatan Kelembagaan DEN di Jakarta, Jumat (5/12) .

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DEN Djoko Siswanto. Dalam sambutannya Djoko menyampaikan bahwa FGD bertujuan menyepakati perlunya segera ditetapkan Anggota DEN dari Unsur Pemangku Kepentingan (AUPK DEN) dan percepatan pelaksanaan seleksi AUPK DEN Periode 2020-2025.

FGD dihadiri oleh Pimpinan dan Anggota Komisi VII DPR-RI, serta perwakilan Setjen DEN. Forum ini menjadi sarana diskusi antara Setjen DEN dengan Komisi VII DPR-RI dalam rangka membahas hal-hal secara intens, mendapatkan pemahaman yang sama dan hasil yang komperhensif terkait penguatan kelembagaan DEN dan percepatan pelaksanaan seleksi AUPK DEN.

Beberapa masukan dari Komisi VII DPR-RI antara lain adalah DEN mempunyai peran dan kedudukan yang strategis dalam merumuskan kebijakan energi nasional, oleh karena itu diperlukan kelembagaan DEN yang kuat dan seyogyanya mempunyai anggota yang memiliki kapasitas, integritas yang tinggi, profesional dan kompetensi sesuai dengan bidangnya. Selain itu, dalam pengaturan seleksi calon AUPK DEN harus bersifat terbuka.

Terkait tugas DEN, DEN yang mempunyai salah satu tugas yaitu mengawasi pelaksanaan kebijakan energi yang bersifat lintas sektor mendorong tercapainya target-target yang telah ditetapkan sesuai dengan PP No. 79/2014 tentang Kebijakan Energi Nasional (KEN) dan Perpres No. 22/2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional (RUEN). Disamping itu, DEN juga mendorong Pemerintah Daerah dalam percepatan penyusunan dan penetapan, serta implementasi Rencana Umum Energi Daerah (RUED).

(teks: KD/Foto: CTA)

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.