DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Menteri ESDM Hadiri Rapat Kerja bersama Komisi VII DPR RI

28 Januari 2020 Berita

Menteri ESDM Arifin Tasrif menghadiri Rapat Kerja bersama Komisi VII DPR RI di Gedung Nusantara I, Jakarta (27/01/2020). Menteri ESDM didampingi Sekjen DEN, Sekjen, Irjen, para Dirjen, dan Kepala Badan di lingkungan Kementerian ESDM.

Rapat dibuka oleh Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Alex Nurdin dan dihadiri Pimpinan dan Anggota Komisi VII DPR RI. Alex menyampaikan rapat kerja membahas Rencana Strategis (Renstra) Kementerian ESDM dan implementasi Perpres 40/2016 tentang Penetapan Harga Gas Bumi.

Selain itu, juga membahas implementasi kebijakan konservasi energi, kesiapan pemerintah dalam pengembangan nuklir, dan strategi penyediaan energi listrik 4.200 MW untuk 52 smelter pada tahun 2022.

Arifin menyampaikan bahwa major project dalam Renstra Kementerian ESDM antara lain pengembangan jaringan gas kota sebanyak 4 juta Sambungan Rumah (SR), pembangunan kilang Bahan Bakar Nabati (BBN) green refinery di Plaju sebesar 20 juta barel minyak per hari, dan pembangunan 52 smelter.

Selain itu, Arifin menjelaskan bahwa target konservasi energi pada tahun 2025 dalam Kebijakan Energi Nasional yaitu penurunan intensitas energi sebesar 1% per tahun, elastisitas energi kurang dari 1%, dan penurunan konsumsi energi final sebesar 17% dari Bussines as Usual (BaU).

Adapun program yang telah dijalankan untuk implementasi konservasi energi dengan penerapan sistem manajemen energi, penerapan standar, dan label hemat energi, serta sosialisasi hemat energi.

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.