DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Kerja Sama Kebijakan Darurat Energi dan Keamanan Energi

25 Februari 2020 Berita

Sekretariat Jenderal (Setjen) Dewan Energi Nasional (DEN) dan International Energy Agency (IEA) terus meningkatkan kerjasama untuk mengatasi berbagai tantangan energi global.

Kerja sama ini merupakan bagian dari Joint Work Program (JWP) atau Program Kerja sama antara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan IEA periode 2020-2021.

Berlokasi di kantor Setjen DEN, Jakarta, Sekretaris Jenderal DEN, Djoko Siswanto bersama dengan Kepala Biro Setjen DEN melakukan video conference call dengan Head of Energy Policy and Security Division IEA Aad van Boheman membahas pengembangan sistem tanggap darurat untuk kesiapsiagaan darurat energi nasional. (25/02/2020)

Djoko menyambut baik kerja sama ini dan menjadi langkah positif ke depan untuk dapat berdiskusi lebih lanjut mengenai Kebijakan Darurat Energi dan Keamanan Energi (Emergency Policy and Energy Security).

Uji coba penanggulangan krisis energi ini terus dilakukan, tujuan dari kegiatan ini adalah apabila disatu negara anggota terjadi kelangkaan energi maka stok yang ada dari para anggota akan digelontorkan ke market untuk menjaga kestabilan pasokan dan harga.

Pertemuan negara-negara anggota untuk menyepakati SOP penanggulangan krisis energi akan dilakukan di Paris pada bulan Juni 2020.

Indonesia sebagai Associate Countries atau negara partner (bersama dengan 7 negara lain: China, Brazil, Maroko, India, Singapura, Afrika Selatan dan Thailand) bergabung dalam IEA adalah untuk menjamin pasokan energi nasional dengan menjalin kemitraan secara internasional.

Member Countries IEA terdiri atas 30 negara Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD). Teks: TR/ Editor: KDW/ Foto: AM.

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.