DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Forum Sharing Teknologi - Production & Operation FST PO 2020

26 Februari 2020 Berita

Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto menghadiri Forum Sharing Teknologi - Production & Operation dengan tema "Production and Operation Big Moves to Break the Limit" yang diselenggarakan oleh PT. Pertamina EP di D.I. Yogyakarta (26/2/2020) dan dihadiri oleh Gubernur D.I. Yogyakarta, perwakilan Kementerian ESDM, Pertamina EP, SKK Migas, PT. PJB dan PT. PLN.

Forum ini merupakan wadah untuk berbagi/sharing pengalaman, berbagi wawasan dan teknologi yang bertujuan untuk menembus tantangan-tantangan yang ada selama ini serta menciptakan pemikiran, gagasan baru baik dengan menggunakan sistem existing maupun dengan penerapan teknologi baru yang sudah terbukti.

Di era saat ini pengelolaan di sektor migas sedang menjalani tantangan besar, salah satu tantangan tersebut adalah bagaimana cara meningkatan produksi dengan peralatan yang usianya tidak muda lagi. Sebab itu, diperlukan penanganan extra baik dalam hal mempertahankan produksi existing apalagi untuk meningkatkan produksi minyak dan gas.

Wilayah kerja PT. Pertamina yang membentang dari sabang sampai merauke dengan berbagai macam kebudayaan dan adat istiadat merupakan tantangan tersendiri untuk meningkatkan produksi  dengan mengutamakan keselamatan. Pertamina saat ini juga dituntut untuk lebih cepat menyesuaikan perubahan-perubahan yang ada dengan merujuk pada regulasi terkini dimana regulasi yang dibuat dapat langsung diaplikasikan pada peraturan perusahaan.

Forum ini dibuka oleh Gubernur D.I. Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Dalam pembukaannya, beliau mengatakan bahwa kedepan energi fosil akan menurun dan energi baru terbarukan akan terus berkembang. Namun perpindahan tersebut akan membutuhkan waktu yang cukup lama, karena penggunaan energi baru terbarukan sangat tergantung pada wilayah geografis. Selain itu, Sri Sultan juga mengatakan agar kedepannya Pertamina bisa berkolaborasi bersama Perguruan Tinggi dan Lembaga Riset untuk pengembangan teknologi energi.

Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto dalam paparannya mengatakan bahwa saat ini dominasi energi fosil masih tinggi, terutama dalam hal penggunaan batubara. Penggunaan energi batubara yang masih tinggi tidak lepas dari penggunaan teknologi ramah lingkungan. Oleh sebab itu, Djoko mengatakan tantangan terbesar untuk mencapai target produksi 1 juta barel oil per day (bopd) pada tahun 2030 yaitu pemanfaatan teknologi. Dengan didukung inovasi pemanfaatan teknologi di sektor migas tidak ada tantangan yang tidak dapat terjawab.  Djoko juga menambahkan, arahan Menteri ESDM kedepannya Kementerian ESDM akan membuat forum seperti ini dengan melibatkan pakar-pakar energi  untuk berdiskusi tentang inovasi-inovasi pemanfaatan teknologi energi khususnya di sektor migas.

Teks: AM/ Editor: KDW/ Foto: AM.

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.