DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Gubernur Provinsi Jambi Menerima Kunjungan Kerja Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional

06 Maret 2020 Berita

Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional, diwakili oleh Kepala Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis dan Pengawasan Energi, Ediar Usman telah melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jambi pada Jumat, 6 Maret 2020 di Kantor Gubernur Jambi, Jl. A. Yani No 1 Telanaipura, Kec. Telanaipura, Kota Jambi.  Kunjungan diterima langsung oleh Bapak Gubernur Jambi, H. Fachrori Umar.  Turut hadir Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Jambi, Staff Ahli Gubernur Jambi, Kepala Dinas ESDM Provinsi Jambi,  perwakilan PT. PLN (Persero) Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu serta PT. Pertamina (Persero) Marketing Operational Region II Sumatera Bagian Selatan.

Dalam pertemuan tersebut, Ediar Usman menyampaikan bahwa Setjen DEN telah mengapresiasi kepada Pemerintah Provinsi Jambi dan masyarakat Jambi dengan telah diterbitkannya Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Rencana Umum Energi Daerah Provinsi Jambi, sehingga ada landasan hukum pengembangan energi untuk menarik investasi pengusahaan energi di Provinsi Jambi. Selain itu, untuk memastikan pemenuhan kebutuhan energi di wilayah tersebut, pada saat yang sama Sekretariat Jenderal DEN melakukan koordinasi identifikasi keamanan pasokan energi di Wilayah Sumatera Bagian Selatan termasuk Provinsi Jambi. Dengan telah disyahkan Perda RUED perlu pasokan yang bersumber dari Energi Baru Terbarukan (EBT) dalam rangka memperkuat kemandirian energi dan ketahanan energi nasional.

Fachrori Umar selaku Gubernur Provinsi Jambi menyampaikan bahwa salah satu aspek penting dalam Peraturan Daerah tersebut adalah komitmen Pemerintah Provinsi Jambi dalam meningkatkan porsi energi baru terbarukan dalam bauran energi daerah, yang ditargetkan sebesar 25 persen akan dicapai pada tahun 2025 dan akan diproyeksikan meningkat menjadi 40 persen pada tahun 2050.

Untuk mewujudkan kondisi tersebut ditetapkan beberapa kebijakan di bidang energi seperti ketersediaan energi untuk kebutuhan daerah, prioritas pengembangan energi daerah serta pemanfaatan sumber daya energi daerah. Semua kebijakan tersebut perlu didukung dengan kebijakan-kebijakan lain seperti konservasi energi, pengelolaan lingkungan hidup dan keselamatan, pemberian subsidi dan insentif energi, kemudahan aksesibilitas informasi energi untuk masyarakat dan kelembagaan serta sumber daya manusia dan pendanaan.

Selain itu, dalam mewujudkan target bauran energi terbarukan, Pemerintah Provinsi Jambi memerlukan dukungan dari beberapa pihak seperti : Pemerintah Pusat, BUMN, Swasta, Pemerintah Kabupaten dan Kota maupun masyarakat di Provinsi Jambi. Oleh karenanya, sinergitas serta dukungan dari pihak-pihak terkait, termasuk dukungan penuh dari Pemerintah Pusat melalui Dewan Energi Nasional sangat diperlukan, terutama dalam pengawasan pelaksanaan kebijakan bidang energi yang bersifat lintas sektor.

Bersamaan dengan hal tersebut, telah dilakukan rapat koordinasi identifikasi keamanan pasokan energi untuk wilayah Sumatera Bagian Selatan dan Jambi guna menjamin keberlanjutan pemenuhan kebutuhan energi di wilayah tersebut.

 

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.