DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Sinkronisasi Matriks RUEN dengan Renstra Kementerian ESDM

09 Maret 2020 Berita

Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto membuka rapat sinkronisasi matrik RUEN dengan Renstra Kementerian ESDM di Jakarta (9/3/2020) dan dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam, Kementerian ESDM, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Energi dan Lingkungan Perhubungan, Kementerian Perhubungan, perwakilan dari Bappenas, Kementerian Keuangan, Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, dan Biro Perencanaan Kementerian ESDM.

Rapat ini bertujuan untuk mensinkronisasikan antara Perpres Nomor 22 tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) dengan Renstra Kementerian ESDM periode tahun 2020 – 2024. RUEN merupakan pedoman untuk mengarahkan pengelolaan energi nasional guna mewujudkan kemandirian energi dan ketahanan energi nasional dalam mendukung pembangunan nasional berkelanjutan.

Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto dalam paparannya mengatakan bahwa RUEN sebagaimana diatur pada Pasal 2 berfungsi sebagai pedoman kementerian negara/lembaga pemerintah non kementerian untuk menyusun dokumen rencana strategis.

Arah kebijakan energi ke depan berpedoman pada paradigma bahwa sumber daya energi tidak lagi dijadikan sebagai sumber penghasil devisa, tetapi sebagai modal pembangunan nasional untuk tujuan mewujudkan kemandirian pengelolaan energi, menjamin ketersediaan energi dan terpenuhinya kebutuhan sumber energi dalam negeri, mengoptimalkan pengelolaan sumber daya energi secara terpadu dan berkelanjutan, meningkatkan efisiensi pemanfaatan energi, menjamin akses yang adil dan merata terhadap energi, pengembangan kemampuan teknologi, industri energi dan jasa energi dalam negeri, menciptakan lapangan kerja dan terkendalinya dampak perubahan iklim dan terjaganya fungsi lingkungan  hidup.

Matriks dalam Pepres RUEN terbagi dalam 383 kegiatan, 124 program dan 59 strategi. Sebanyak 236 kegiatan merupakan kegiatan yang dikoordinatori oleh Kementerian ESDM. Saat ini kegiatan matriks RUEN yang terakomodir dalam draft Renstra KESDM dan sesuai target dan/atau sasaran kebijakan berjumlah 120 kegiatan, kegiatan matriks RUEN yg terkamodir dalam draft Renstra KESDM dan belum sesuai target dan/atau sasaran kebijakan berjumlah 51 kegiatan sedangkan kegiatan matriks RUEN yang tidak terakomodir dalam draft Renstra KESDM sebanyak 65 kegiatan.  

Berdasarkan timeline Bappenas mengenai pengesahan renstra kementerian dan lembaga periode 2020 – 2024 ditargetkan akan selesai pada bulan April 2020. Kedepannya Sekretariat Jenderal akan melakukan rapat koordinasi dengan kementerian Anggota DEN untuk melakukan sinkronisasi antara RUEN dengan Renstra Kementerian Anggota DEN.

(Teks: AM, Editor: KDW, Foto: MB)

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.