DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Penyaringan Anggota DEN 2020-2025 Resmi Dibuka

13 Maret 2020 Berita

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto menyampaikan kepada awak media di Jakarta (13/3/2020) tentang pembukaan penyaringan Anggota DEN dari Pemangku Kepentingan periode 2020-2025.

Anggota DEN dari Pemangku Kepentingan terdiri dari 2 orang dari pemangku kepentingan akademisi, 1 orang pemangku kepentingan teknologi, 2 orang pemangku kepentingan industri, 1 orang pemangku kepentingan lingkungan hidup, dan 2 orang pemangku kepentingan konsumen.

Menurut Djoko Anggota DEN dari Pemangku Kepentingan ini akan melalui beberapa tahapan penyaringan dan diharapkan akan terpilih Anggota DEN untuk menjalankan tugas-tugas DEN.

Tugas DEN yaitu merancang dan merumuskan Kebijakan Energi Nasional untuk ditetapkan oleh pemerintah dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat (PP 79/2014), menetapkan Rencana Umum Energi Nasional (Perpres 22/2017), dan menetapkan langkah-langkah penanggulangan kondisi Krisis dan darurat energi (Perpres 41/2016).

Selain itu, mengawasi pelaksanaan kebijakan bidang energi yang bersifat lintas sektor dan tugas DEN lainnya adalah mengatur tentang ketentuan mengenai jenis, jumlah, waktu dan lokasi cadangan penyangga energi.

Djoko menambahkan, dalam bertugas, DEN dibantu Sekretariat Jenderal DEN, dalam hal ini di antaranya Setjen DEN menghasilkan Outlook Energi Indonesia dan sebagai fasilitator pembinaan penyusunan Rencana Umum Energi Daerah (RUED).

RUED sendiri sudah ditetapkan oleh 16 Provinsi ke dalam Peraturan Daerah (Perda), dimana tahun ini ditargetkan 12 Provinsi lainnya menetapkan RUED menjadi Perda.

Djoko menutup pertemuan dengan menjelaskan, untuk melihat informasi lebih lanjut mengenai penyaringan Anggota DEN dari Pemangku Kepentingan periode 2020-2025 dapat mengakses website https://rekrutmen.den.go.id/ atau mengunduh berkas pengumuman resmi disini.

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.