DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Peran Perencanaan Energi dalam Mitigasi Perubahan Iklim

13 Mei 2020 Berita

Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Sugeng Mujiyanto menjadi narasumber dalam webinar bertajuk Sejauh Apa Peran Perencanaan Energi di Tingkat Nasional dan Daerah dalam Mendorong Ambisi Mitigasi Perubahan Iklim Indonesia (13/5/2020).

Dalam paparannya, Sugeng menjelaskan mengenai peran Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) dan Rencana Umum Energi Daerah (RUED) dalam mendukung mitigasi perubahan iklim.

Menurutnya, penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dalam RUEN sudah sejalan dengan Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia sebesar 29% pada tahun 2030 yang merupakan bagian dari komitmen Indonesia untuk turut mendukung upaya pengendalian peningkatan suhu global rata-rata di bawah 2 derajat Celsius.

Tambah Sugeng, dukungan RUED dalam penurunan emisi GRK antara lain pembangunan pembangkit listrik energi baru terbarukan, penggunaan solar rooftop untuk bangunan Pemerintah, industri, hotel, penggunaan kendaran listrik,  dan rumah tangga, serta konservasi energi dengan penggunaan peralatan hemat energi.

Kepala Sub Direktorat Pemantauan Pelaksanaan Mitigasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Yulia Suryanti menjelaskan potensi peningkatan mitigasi emisi GRK sektor energi antara lain memenuhi target penyediaan energi primer pada energi baru terbarukan dalam RUEN, penerapan efisiensi energi di sisi demand dan penerapan konservasi energi di sisi suplai

Senada, Manajer Program Ekonomi Hijau Institute for Essential Services Reform (IESR) Erina Mursanti mengungkapkan IESR memiliki program akselerasi pembangkit listrik tenaga surya atap dalam Surya Nusantara, yang juga mendukung target RUEN sekaligus diharapkan dapat mengurangi emisi.

Webinar ini diselenggarakan oleh IESR dan International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI) – Local Governments for Sustainability dan dihadiri oleh perwakilan Dinas ESDM Nusa Tenggara Barat, Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Bali, Bappelitbangda Nusa Tenggara Timur, dan Pusat Kebijakan Keenergian ITB.

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.