DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Inventarisasi Potensi Energi Daerah Guna Percepatan Implementasi Perencanaan Energi Daerah

14 Mei 2020 Berita

Sekretariat Jenderal (Setjen) Dewan Energi Nasional (DEN) saat ini sedang melakukan inventarisasi potensi energi daerah guna percepatan implementasi perencanaan energi daerah. Salah satu data yang dibutuhkan adalah data ketersediaan infrastruktur kelistrikan per Provinsi seperti Penerangan Jalan Umum dan pembangit listrik non PLN.

Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Sugeng Mujiyanto yang memimpin diskusi secara daring (14/5/2020) menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan konsep pemantauan evaluasi dan perencanaan dari implementasi rencana pembangunan di bidang energi dan guna membantu daerah dalam menyusun Rencana Umum Energi Daerah (RUED).

Peran dan manfaat RUED bagi daerah selain menjamin ketersediaan energi di daerah, juga mendukung rencana pembangunan dan pengembangan daerah, termasuk Kawasan Industri.

Sugeng menambahkan kerja sama dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) seperti kegiatan survei potensi energi desa untuk memperoleh update data Lampu Tenaga Surya Hemat Energi dan Penerangan Jalan Umum yang telah dibangun.

Selain itu juga, update data terkait konsumsi energi di rumah tangga desa seperti minyak tanah, LPG, biomasa dan listrik, serta penggunaannya untuk penerangan, memasak, dan pendingin.

Senada, Direktur Pembangunan Sarana dan Prasarana Desa, Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kemendes PDTT Mukhlis menyambut baik dan menyampaikan kesiapannya untuk bekerja sama dan secepatnya dapat membentuk tim kolaboratif teknis.

Diskusi daring dihadiri oleh perwakilan Setjen DEN, Kemendes PDTT, United States Agency for International Development Indonesia Clean Energy Development (USAID ICED), Indonesian Institute for Energy Economics (IIEE), dan Wesolve Solusi Indonesia.

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.