DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Sinkronisasi Renstra Kementerian Ristek dengan RUEN

15 Mei 2020 Berita

Amanat Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) bahwa RUEN berfungsi sebagai pedoman bagi Kementerian/ Lembaga untuk menyusun dokumen Rencana Strategis (Renstra).

Untuk itu, Sekretariat Jenderal (Setjen) Dewan Energi Nasional (DEN) perlu melakukan sinkronisasi Renstra Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek)/ Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) periode 2020-2024 dengan RUEN.

Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto memimpin pembahasan secara daring (15/5/2020) menyampaikan bahwa dalam RUEN terdapat 17 program dan 34 kegiatan yang menjadi amanat Kemenristek/ BRIN. 

Hadir dalam pembahasan daring ini perwakilan dari Setjen DEN, Kementerian Ristek/ BRIN, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Sugeng Mujiyanto mengungkapkan bahwa sinkronisasi Renstra Kemenristek/ BRIN dengan RUEN ini untuk mengetahui program dan kegiatan dalam RUEN apakah sudah terakomodir, terakomodir namun belum sesuai target/ sasaran RUEN, dan belum terakomodir dalam Renstra.

Pada kesempatan ini, Plt. Sekretaris Jenderal Kemenristek/ BRIN Erry Ricardo Nurzal menyampaikan beberapa sasaran program Renstra 2020-2024 yaitu meningkatnya akselerasi ekosistem riset dan inovasi yang kondusif melalui kolaborasi antar pihak dalam Litbangjirap  Iptek, meningkatnya peran serta masyarakat dan industri dalam riset dan inovasi, meningkatnya kerjasama pembangunan dan kemitraan Litbangjirap Iptek, meningkatnya Research Power House yang unggul, otonomi dan mandiri, serta meningkatnya tata kelola pemerintahan yang baik dalam rangka Reformasi Birokrasi. Disampaikan pula, Renstra di Kementeriannya sudah sejalan dengan RUEN, kendati ada program yang kini tidak masuk dalam ranah Kemenristek/ BRIN, melainkan di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Selain itu, Direktur Sumber Daya Energi, Mineral dan Pertambangan, Kementerian PPN/ Bappenas Yahya Rachmana Hidayat menjelaskan Renstra Kemenristek/ BRIN sudah sangat baik, namun ia mengingatkan sebelum Renstra ditetapkan, sebaiknya mengadopsi kondisi saat ini terkait Corona Virus Disease (COVID)-19.

Djoko menutup dengan harapan bahwa 17 program dan 34 kegiatan dapat terakomodir dalam Renstra Kemenristek/ BRIN, sehingga implementasi RUEN dapat dijalankan dengan baik, sesuai target dan sasaran yang telah ditetapkan.

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.