DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Setjen DEN Mulai Bangun Komunitas Jejaring Perencana Energi

19 Mei 2020 Berita

Sekretariat Jenderal (Setjen) Dewan Energi Nasional (DEN) saat ini sedang melakukan inventarisasi potensi energi daerah guna percepatan implementasi perencanaan energi daerah. Salah satu output yang akan dikembangkan adalah Energy Planning Network (EPN) yang merupakan suatu komunitas/ jaringan untuk para praktisi dan pakar perencana energi di tingkat nasional dan daerah.

Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Sugeng Mujiyanto dalam Focus Group Discussion (FGD) daring (19/5/2020) menyampaikan kegiatan ini untuk mengembangkan alat bantu dalam menganalisa rencana energi tingkat nasional dan daerah, khususnya rencana perluasan akses listrik serta peningkatan pemanfaatan energi terbarukan. Selain itu, mengembangkan konsep dalam implementasi rencana pembangunan di bidang energi dan memfasilitasi diseminasi informasi antara para praktisi dan pakar perencana energi.

Sementara itu, Executive Director Institut Indonesia untuk Ekonomi Energi (IIEE) Hakimul Batih mengungkapkan perencanaan energi yang komperehensif meliputi Rencana Umum Energi Nasional, Rencana Umum Energi Daerah, dan dokumen perencanaan energi lainnya, perlu adanya pemantauan, evaluasi, dan pelaporan perencanaan energi.

Chairperson Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) Filda Citra Yusgiantoro menyampaikan PYC siap mendukung kegiatan ini dan mengusulkan keanggotaan tim EPN terdiri dari semua stakeholder, sehingga perlu ada perwakilan dari Pemerintah, akademisi, dan Non Governmnet Organization.

Sugeng menambahkan EPN adalah suatu platform untuk pakar dan praktisi perencana energi di pusat dan daerah, dengan tujuan untuk bertukar informasi, mendorong suatu sistem untuk implementasi perencanaan yang sudah disusun, dan membangun ekosistem yang memungkinkan terjalinnya kolaborasi, serta kerja sama dengan semua pihak.

Hadir dalam pertemuan daring tersebut perwakilan Setjen ESDM, Balitbang ESDM, Ditjen Gatrik, Ditjen EBTKE Kementerian ESDM, Bappenas, BPPT, ITB, IIEE, PYC, Institute for Essential Services Reform, Wahana Riset Indonesia, USAID ICED, dan UNDP MTR3E.

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.