DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Setjen DEN Buka Peluang Kerja Sama dengan Kemendes PDTT

20 Mei 2020 Berita

Sekretariat Jenderal (Setjen) Dewan Energi Nasional (DEN) sedang mengembangkan sistem identifikasi potensi sumber daya energi guna menyusun perencanaan energi daerah.

Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Sugeng Mujiyanto dalam diskusi daring (20/5/2020) menyampaikan pengembangan sistem dilakukan dengan memanfaatkan data dari sistem yang sudah ada, antara lain dari Pusat Data Teknologi dan Informasi (Pusdatin) dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Ketenagalistrikan.

Untuk melengkapi data-data per Provinsi, Setjen DEN berencana melakukan kerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terkait potensi pengumpulan data energi seperti pembangkit skala kecil, penerangan jalan umum tenaga surya, rasio elektrifikasi, dan konsumsi energi konsumsi energi rumah tangga di pedesaaan.

Lebih lanjut Sugeng menambahkan, hal ini memerlukan koordinasi dengan pengampu data dan para pemangku kepentingan seperti Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Dalam Negeri, Kemendes PDTT, dan instansi terkait lainnya.

Dimana pengampu data dan para pemangku kepentingan memungkinkan untuk melakukan machine to machine data exchange dan mengintegrasikan data untuk berbagai pelaporan dokumen perencanaan energi.

Sementara itu, Kepala Seksi Fasilitasi Pembangunan Sarana Elektrifikasi Desa Ditjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kemendes PDTT Al Fatah Yasin mengungkapkan bersama-sama menyiapkan draft Memorandum of Understanding (MoU) antara Kemendes PDTT dan Kementerian ESDM.

Diskusi dihadiri oleh perwakilan Ditjen Ketenagalistrikan, Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Pusdatin dan Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Setjen Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, serta Ditjen PPMD Kemendes PDTT.

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.