DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Sinkronisasi Renstra Kemenhub dengan RUEN

27 Mei 2020 Berita

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto memimpin pembahasan sinkronisasi Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) secara daring (27/5/2020).

Hadir dalam pertemuan daring tersebut para Kepala Biro Sekretariat Jenderal DEN, Direktur Sumber Daya Energi, Mineral dan Pertambangan, Kementerian PPN/ Bappenas, perwakilan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2017 tentang RUEN mengamanatkan bahwa RUEN berfungsi sebagai pedoman bagi Kementerian/ Lembaga untuk menyusun dokumen Renstra.

Djoko mengatakan dalam penyusunan Renstra Kementerian/ Lembaga memerlukan kolaborasi lintas sektor dalam rangka mengimplementasikan kegiatan-kegiatan dalam RUEN.

Senada, Direktur Sumber Daya Energi, Mineral dan Pertambangan, Kementerian PPN/ Bappenas Yahya Rachmana Hidayat menjelaskan Renstra Kemenhub menjadi acuan bersama terkait sinkronisasi RUEN, tidak hanya semata-mata dilakukan oleh Kemenhub, namun lintas Kementerian/ Lembaga.

Kepala Bagian Rencana Kemenhub Bernadette ES Mayashanti mengungkapkan terdapat 40 kegiatan dalam RUEN, sebanyak 14 kegiatan telah terakomodir dalam Renstra Kemenhub 2014-2019, dan sebanyak 26 kegiatan akan diusulkan untuk dimasukkan ke dalam Renstra 2020-2024.

Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Sugeng Mujiyanto menyampaikan agar Kemenhub tidak segan untuk menghubungi Setjen DEN dalam berkoordinasi sekaligus memfasilitasi kebijakan energi lintas sektor.

Pada kesempatan itu, Kepala Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis dan Pengawasan Energi Ediar Usman menjelaskan mengenai aplikasi Sistem Informasi Pengawasan Pelaksanaan Matrik RUEN (SiSanter) yang dibangun oleh Setjen DEN guna monitoring implementasi kegiatan dalam RUEN.

Djoko menutup pertemuan dengan harapan bahwa target-target di bidang energi yang telah ditetapkan bersama dapat tercapai.

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.