DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

4 Kementerian/ Lembaga Lakukan Sinkronisasi Renstra 2020-2024 dengan RUEN

10 Juni 2020 Berita

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto memimpin rapat koordinasi sinkronisasi matriks Rencana Umum Energi nasional (RUEN) dengan Rencana Strategis (Renstra) 4 Kementerian/ Lembaga (K/L) 2020-2024 melalui konferensi video (10/6/2020).

Empat K/L tersebut adalah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Djoko membuka dengan menyampaikan tujuan rapat ini untuk melaksanakan Peraturan Presiden (Perpres) No 22 Tahun 2017 tentang RUEN, bahwa RUEN berfungsi sebagai pedoman bagi Kementerian/ Lembaga dalam menyusun Renstra.

Kepala Bagian Rencana dan Program Kementerian LHK Maidiward mengungkapkan terdapat 10 program dalam matriks RUEN, dan 8 program diantaranya sudah terakomodir ke dalam Renstra Kementerian LHK. Sementara itu, Kepala Bagian Kebijakan dan Program Kementan Ranny Mutiara Chaidirsyah menyampaikan 4 program dalam matriks dalam RUEN sudah terakomodir, baik dalam Renstra maupun major project, yang juga merupakan turunan dari RPJMN.

Kepala Bidang Penyusunan Renstra dan Analisa Manfaat Kementerian PUPR Zevi Azzaino menyampaikan terdapat 3 program yang sudah tercantum dalam Kebijakan dan Strategi Renstra Kementerian PUPR. Ditambahkan juga, isu strategis pengelolaan Sumber Daya Alam terkait dengan bidang energi adalah penguatan kelembagaan dan regulasi pengelolaan sumber daya air secara terpadu.

Sedangkan, Kepala Bagian Penyusunan Rencana Kementerian ATR/ BPN Kartika Sari terdapat 4 program dalam matriks RUEN ke dalam Renstra ATR/ BPN, Perpu Undang-Undang 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, dan Peraturan Menteri ATR terkait Rencana Tata Ruang Wilayah.

Pada kesempatan ini, Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Lingkungan dan Tata Ruang Saleh Abdurrahman menyampaikan pembahasan sinkronisasi ini sangat baik, namun perlu dicatat, perlu ada penajaman program Kementerian/ Lembaga dalam membantu mengejar target terutama energi baru terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025.

Direktur Sumber Daya Energi, Mineral dan Pertambangan, Kementerian PPN/ Bappenas Yahya Rachmana Hidayat menyatakan dukungannya terhadap penyelesaian Renstra, yang pada saat ini Kementerian/ Lembaga sedang menyelesaikan Renstra dengan RPJMN, sekaligus dengan RUEN, khususnya peningkatan pemanfaatan energi baru terbarukan.

Djoko menutup koordinasi K/L dengan apresiasi kegiatan seperti ini sangat baik, dalam upaya mencapai target yang sudah ditetapkan. Selain itu, Djoko menambahkan perlu adanya rekomendasi serta tindak lanjut atas hasil pengawasan terkait pelaksanaan RUEN pada Kementerian/ Lembaga.

Pembahasan Renstra K/L dengan RUEN ini dihadiri oleh Direktur Panas Bumi, Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan, Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan, Kepala Biro Umum Setjen DEN, serta Kepala Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis dan Pengawasan Energi.

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.