DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Sosialisasi Pembangunan Jargas bersama Dinas ESDM Se-Indonesia

11 Juni 2020 Berita

Sekretariat Jenderal (Setjen) Dewan Energi Nasional (DEN) terus melakukan pembinaan penyusunan dan implementasi Peraturan Daerah (Perda) Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Provinsi.

Sosialisasi yang dihadiri oleh 30 Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) se-Indonesia ini dilakukan virtual (11/6/2020) dengan membahas kegiatan dalam matrik program RUED Provinsi yang dapat dilakukan oleh Pemerintah Daerah bekerja sama dengan Kementerian ESDM dan pihak lain, salah satunya Jaringan Gas Kota (Jargas).

Saat membuka pertemuan, Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Sugeng Mujiyanto menyatakan sampai dengan saat ini 16 Pemerintah Daerah sudah menetapkan Peraturan Daerah terkait RUED Provinsi.

Selain itu, Sugeng menyampaikan tujuan pembahasan kali ini untuk memfasilitasi daerah dalam mengimplementasikan Jargas, memantau kemajuan proyek Jargas, dan membantu Pemerintah Pusat untuk mempercepat realisasi pembangunan Jargas.

Sementara itu, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Alimuddin Baso menjelaskan kebijakan pembangunan Jargas merupakan kebijakan pemerintah untuk membangun kedaulatan, kemandirian di bidang energi dalam rangka mewujudkan ketahanan energi nasional, dan penyediaan energi bersih murah, ramah lingkungan, serta efisien.

Alimudin pun menambahkan kriteria pembangunan Jargas ada 4 yaitu, ketersediaan sumber gas, ketersediaan infrastruktur penyaluran gas bumi, ketersediaan pasar (pelanggan), dan adanya usulan dari Pemerintah Daerah.

Menurut Kepala Bagian Fasilitasi Rencana Umum Energi Suharyati, manfaat pengggunaan Jargas yaitu memaksimalkan potensi sumber daya gas bumi dan peningkatan bauran energi primer, menfaat linkungan, manfaat ketersediaan dan manfaat finansial.

Pada sesi diskusi, Kepala Dinas ESDM Jawa Tengah Sujarwanto mengatakan dukungannya terhadap Jargas yang memang dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, dan berharap pelaksanaan Jargas agar semakin lebih baik lagi ke depannya.

Pertemuan ditutup oleh Sugeng dengan menyampaikan sosialisasi ini merupakan upaya bersama dalam mendorong diversifikasi energi, mengurangi impor, dan meminta dukungan karena untuk masyarakat luas, serta jika ada yang perlu dikordinasikan, dapat menghubungi Setjen DEN.

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.