DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Sekjen DEN: RUEN Berfungsi sebagai Pedoman K/ L dalam Menyusun Renstra

16 Juni 2020 Berita

Sinkronisasi Rencana Strategis (Renstra) Kementerian/ Lembaga (K/ L) dengan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) baik itu K/ L Anggota Dewan Energi Nasional (DEN), maupun K/ L terkait lainnya terus dilakukan oleh Sekretariat Jenderal (Setjen) DEN.

Pembahasan sinkronisasi terkini dilakukan tadi pagi (16/6/2020) melalui konferensi video dengan Kementerian Keuangan, Kementerian PPN/ Bappenas, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Sinkronisasi dipimpin oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DEN Djoko Siswanto dan juga dihadiri Kementerian Riset dan Teknologi (Ristek)/ BRIN, Kementerian Perindustrian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Saat membuka pembahasan, Djoko menyampaikan tujuan sinkronisasi ini adalah melaksanakan Perpres 22 tahun 2017 tentang RUEN, bahwa RUEN berfungsi sebagai pedoman bagi K/ L dalam menyusun Renstra, selain itu bagaimana kita berusaha untuk mewujudkan kemandirian, dan ketahanan energi nasional.

Kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Hari Nur Cahya Murni menyampaikan pencapaian Rencana Umum Energi Daerah (RUED) tidak terlepas dari koordinasi pencapaian RUEN di Pusat, mengingat RUED Provinsi merupakan penjabaran dan rencana pelaksanaan RUEN.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud Paristiyanti Nurwardani menyatakan Kemendikbud akan melakukan update matriks, karena saat ini sedang menyusun nomenklatur baru dari Kementerian Ristek Dikti kepada Kemendikbud serta pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan beberapa negara dalam rangka mengirimkan 2.000 pelajar untuk belajar bidang energi.

Sementara itu, Kepala Biro Perencanaan, Organisasi dan Kepegawaian Kementerian BUMN Chairiah menyampaikan 3 kegiatan dalam RUEN sudah terakomodir dalam Renstra Kementerian BUMN, di antaranya menyelenggarakan pembinaan BUMN energi dalam rangka regionalisasi usaha, penguatan manajeman usaha, maupun permodalan yang sehat dan menerapkan kaidah standar internasional.

Sedangkan, Kepala Biro Perencanaan, Organisasi dan Tata Laksana Kementerian PPN/ Bappenas Rohmad Supriyadi menjelaskan sudah mengagendakan kegiatan ke delam Renstra Bappenas dan akan meng-update, serta berkoordinasi dengan Kedeputian terkait di Kementerian PPN/ Bappenas.

Senada, Direktur Sumber Daya Energi, Mineral dan Pertambangan, Kementerian PPN/ Bappenas Yahya Rachmana Hidayat menyatakan dukungannya dan akan berkoordinasi terkait fasilitasi dalam hal penyusunan RUED Provinsi bersama Kemenkeu, Kemendagri, Kementerian ESDM, serta Setjen DEN.

Menurut Kepala Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis dan Pengawasan Energi Ediar Usman, Setjen DEN sedang membangun aplikasi bernama Si Santer, dimana aplikasi ini dapat digunakan untuk memudahkan pelaksanaan pemantauan matriks kegiatan dalam RUEN apakah berjalan atau tidak, sehingga dapat membantu pelaksanaan RUEN.

Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Sugeng Mujiyanto menyampaikan hampir semua matriks sudah masuk ke dalam Renstra K/ L dan telah menyesuaikan target dalam RUEN, adapun hal yang perlu ditindaklanjuti bagaimana membantu Pemerintah Daerah dalam menyelesaikan Peraturan Daerah (Perda) mengenai RUED.

Pada akhir pembahasan, Djoko berharap kegiatan ini dapat membantu Pemerintah Daerah dalam menyelesaikan Perda RUED dan target yang sudah ditetapkan bersama dapat dicapai, baik itu pengelolaan energi di Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.