DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Dorong Pengembangan EBT, ICLEI Jalin Kerja Sama dengan Setjen DEN

24 Juni 2020 Berita

Pada tanggal 24 Juni 2020, International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI) mengadakan audiensi dengan Setjen Dewan Energi Nasional yang diwakili oleh Bapak Sugeng Mujiyanto selaku Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan.

ICLEI merupakan pelaksana Project “Toward 100% Renewable Cities and Region” International Climate Initiative (ICI) di Afrika, Amerika Latin dan Asia Tenggara.

Kegiatan ini didukung The Federal Ministry for the Environment, Nature Conservation and Nuclear Safety (BMU), Republik Federal Jerman.

Ari Muhammad sebagai Country Manager ICLEI untuk Indonesia menjelaskan tujuan ICLEI adalah mendorong terwujudnya penggunaan 100% Energi Baru Terbarukan di suatu wilayah/Kota.

ICLEI memandang DEN sebagai partner yang strategis dalam mendukung program 100% RE. Oleh karena itu, Sugeng menyambut baik inisiatif dan kegiatan yang dilakukan ICLEI, untuk mendukung pencapaian target 23% energi baru terbarukan (EBT) dalam bauran energi tahun 2025 dan 31% tahun 2050.

Dalam perencanaannya ICLEI akan memaksimalkan potensi EBT pada suatu daerah walaupun mungkin tidak akan mencapai 100%.

Kegiatan ini juga akan mendukung pelaksanaan implementasi RUED dan pencapaian target EBT daerah.

ICLEI memilih Provinsi Nusa Tenggara Barat, khususnya Pulau Lombok dan Sumbawa sebagai pilot project kegiatan 100% RE.

Program kegiatan yang akan dilakukan ICLEI antara lain membuat Roadmap 100% EBT, meningkatkan capacity building bagi masyarakat di daerah, berkontribusi untuk target climate change nasional, mendukung pencapaian kebijakan ketahanan energi, efisiensi energi dan membuka lapangan kerja.

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.