DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Pembahasan Rancangan Regulasi Pelaksanaan Tugas Pengawasan DEN

29 Juli 2020 Berita

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto membuka pembahasan mengenai penyusunan rancangan peraturan pengawasan pelaksanaan kebijakan energi lintas sektor (29/7/2020) yang dihadiri oleh pejabat dan pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal DEN.

Pembahasan dibuka oleh Djoko dengan mengatakan bahwa peraturan yang disusun ini menjadi landasan dalam kegiatan pengawasan kebijakan energi lintas sektor DEN dan peraturan yang sedang disusun hendaknya tidak tumpang tindih terhadap peraturan yang sudah ada.

Dalam kesempatan ini, Kepala Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis dan Pengawasan Energi Ediar Usman menjelaskan ada tiga rancangan regulasi yang masuk ke dalam Program Prioritas Penyusunan Legislasi dan Regulasi Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tahun 2020, yaitu Rancangan (R) Peraturan Presiden (Perpres) mengenai Cadangan Penyangga Energi (CPE).

Selain itu, dua lainnya adalah R Perpres mengenai Pengawasan Pelaksanaan Kebijakan Energi yang bersifat Lintas Sektoral dan R Peraturan Menteri (Permen) ESDM mengenai Tata Cara Tindakan Penanggulangan Krisis Energi dan/ atau Darurat Energi.

Senada dengan Ediar, Kepala Biro Umum Mustika Pertiwi menyampaikan bahwa bentuk peraturan ini sudah ditetapkan pada Program Prioritas Penyusunan Legislasi dan Regulasi Sektor ESDM yaitu ke dalam Perpres, sehingga perlu ditindaklanjuti dengan baik.

Adapun Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Sugeng Mujiyanto mengutarakan bahwa peraturan yang disusun ini merupakan penjabaran salah satu tugas DEN yang diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan.

Djoko menutup pembahasan dengan memberikan arahan bahwa R Perpres ini perlu dikaji untuk pembahasan lebih lanjut sampai dengan rancangan final yang akan diserahkan kepada Biro Hukum Kementerian ESDM.

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.