DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Penyusunan Rekomendasi Kebijakan Pengalihan Subsidi

04 September 2020 Berita

Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (Setjen DEN), Djoko Siswanto membuka rapat koordinasi Penyusunan Rekomendasi Kebijakan Pengalihan Subsidi melalui daring (04/09/2020).

Hadir dalam acara ini Direktur IMATAP Kementerian Perindustrian, Kepala PKAPBN BKF Kementerian Keuangan, Direktur Penerimaan Negara Bukan Pajak SDA dan KND Kementerian Keuangan, Perwakilan Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Perwakilan Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan, serta para Kepala Biro di lingkungan Setjen DEN.

Pada pembukaan rapat, Djoko Siswanto menyampaikan bahwa perlu ditindaklanjuti amanah Peraturan Presiden nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. Ditambahkan, strategi kebijakan dan mekanisme pengalihan subsidi kepada pembeli terkait kebijakan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dapat dijadikan sebagai topik pembahasan pada Sidang Paripurna DEN, serta diharapkan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan, BPPT, Kementerian LHK dan pihak terkait lainnya dapat memberikan masukan dan usulan, serta mendapatkan arahan dari Bapak Presiden selaku Ketua DEN.

Kepala Pusat Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Ubaidi S Hamid, menyampaikan bahwa insentif terhadap kendaraan berbahan bakar listrik dan masalah insentif, skema subsidi perpajakan dan sebagainya telah tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2019 tentang Penghitungan Penghasilan Kena Pajak Dan Pelunasan Pajak Penghasilan Dalam Tahun Berjalan.

Pada kesempatan ini, Direktur Penerimaan Negara Bukan Pajak Sumber Daya Alam dan Kekayaan Negara Dipisahkan Kementerian Keuangan, Kurnia Chairi, turut mendukung program kendaraan bermotor listrik (KBL) berbasis baterai untuk bisa di implementasikan pada waktunya.

Direktur Industri Maritim Alat Transportasi & Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika, menyampaikan bahwa dalam pengalihan subsidi banyak opsi yang perlu dilihat. KLB BB perlu subsidi, karena dalam hal harga terbilang masih relatif mahal, oleh sebab itu proyek berbasis bisnis ini perlu dikembangkan bersama-sama.

Djoko menutup acara ini dengan menyampaikan agar Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai ini harus segera ditindaklanjuti dan didukung bersama.

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.