DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Webinar International Undergraduate Geophysics Competition ITB 2020

12 September 2020 Berita

Sabtu (12/9/2020), Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Sugeng Mujiyanto menjadi narasumber pada International Undergraduate Geophysics Competition Institut Tenologi Bandung 2020 (IUGC ITB 2020) dengan tema “Developing Innovation Towards Future Sustainable Energy Dependency in Southeast Asia” melalui webinar.

Selain Sugeng, pembicara pada kegiatan yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika ITB (HIMA TG “TERRA” ITB) adalah Researcher Purnomo Yusgiantoro Center Massita Cindy Putriastuti dan Head of Business Solutions SUN Energy I Made Aditya Suryawidya.

Pada kesempatan ini, Sugeng menjelaskan mengenai Outlook Energi Indonesia (OEI), dalam OEI 2019, proyeksi kapasitas pembangit listrik, batubara mendominasi tahun 2025 namun beralih ke Energi Baru Terbarukan (EBT) pada tahun 2050, tahun 2025 kapasitas pembangkit EBT paling besar dari PLTA, namun tahun 2050 dari surya.

Sedangkan, Outlook Energi ASEAN menjelaskan konsumsi energi di ASEAN, Indonesia tetap menjadi negara konsumen energi terbesar, dengan 417 MTOE atau 39,9% dari total permintaan energi ASEAN pada tahun 2040, ujar Sugeng.

Sementara, Massita menyampaikan alasan pengembangan Renewable Energy (RE) antara lain kesepakatan global untuk mengurangi dampak perubahan iklim, diversifikasi energi dalam rangka pergeseran paradigma energi, mengurangi impor minyak bumi, dan harga tenologi RE yang terus mengalami penurunan.

Lain halnya dengan Massita, Made menjelaskan mengenai implementasi geofisika dalam infrastruktur RE, seperti mitigasi perubahan iklim, juga halnya dengan pengembangan energi panasbumi, angin, dan sumber daya air.

Inovasi energi perlu dikembangkan agar sebuah negara dapat memenuhi energinya sendiri, adapun inovasi energi yang dikembangkan saat ini antara lain green fuel yang berbasis Crude Palm Oil (CPO), peningkatan nilai tambah batubara, kendaraan bermotor listrik, dan rencana pengembangan A20, pungkas Sugeng.

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.