DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Workshop the National Expert SDG Tool for Energy Planning (NEXSTEP)

09 Oktober 2020 Berita

Sekretariat Jenderal (Setjen) Dewan Energi Nasional (DEN) menyelenggarakan workshop the National Expert Sustainable Development Goals (SDG) Tool for Energy Planning (NEXSTEP) bersama The United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP) secara daring dan luring di Bogor, Jawa Barat (9/10/2020).

Saat menyampaikan sambutan, Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Sugeng Mujiyanto menyampaikan bahwa Setjen DEN mengapresiasi kegiatan workshop tentang NEXSTEP.

Selanjutnya, Sugeng menambahkan bahwa UNESCAP mengembangkan NEXSTEP, dimana NEXSTEP dapat membantu pembuat kebijakan untuk menentukan bagaimana pencapaian SDG7 dengan berfokus pada penurunan emisi.

Workshop ini merupakan kelanjutan dari beberapa pertemuan sebelumnya, dalam rangka pengembangan data yang penting untuk perencanaan energi ke depan, ujar Executive Director, Indonesian Institute for Energy Economics (IIEE) Hakimul Batih.

Pada kesempatan ini, Section Chief Energy Division UNESCAP Michael Williamson menjelaskan NEXSTEP dapat mendorong pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) dan ia berharap NEXSTEP dapat membantu Indonesia dalam penurunan emisi.

NEXSTEP dapat membantu menganalisa perkiraan skenario, antara lain akses terhadap kelistrikan, pengembangan energi baru terbarukan, dan peningkatan efisiensi energi, jelas Expert UNESCAP Anis Zaman.

Sedangkan Direktur Sumber Daya Energi, Mineral dan Pertambangan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Perencaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Yahya Rachmana Hidayat mengutarakan melakukan kajian untuk mengurangi efek gas rumah kaca dalam mencapai target Nationally Determined Contribution (NDC).

Sugeng pun berharap kolaborasi ini dapat dilanjutkan secara berkesinambungan dengan memasukkan perencanaan energi dari Rencana Umum Energi Nasional yang akan membantu mewujudkan ketahanan energi nasional.

Workshop ini dihadiri oleh Setjen DEN, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian PPN/ Bapenas, IIEE, dan PT. PLN (Persero).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.