DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Bandara Portland menghemat 50 000 galon minyak per tahun dengan geothermal

09 Mei 2011 Berita
Portland, bandara baru negara bagian Maine akan menjadi negara bagian pertama di Amerika Serikat akan menggunakan teknologi sederhana geothermal, untuk secara signifikan mengurangi tagihan pemanasan dan pendinginan ruang. Mereka menyebutnya sistem geothermal, tetapi bukanlah jenis geothermal yang menghasilkan tenaga listrik selayaknya di Islandia, melainkan lebih tepat disebut "ground-source heat pump."
 
Sistem akan memanfaatkan tanah di bawah tempat parkir karyawan sebagai heat sink raksasa. Untuk mentransportasikan energi ke dan dari sink, sistem akan mengalirkan fluida melalui pipa yang mengular melewati 120 sumur yang digali 500 meter ke dalam tanah. Di kedalaman satu atau dua meter, bumi memiliki temperatur konstan sepanjang tahun sekitar 55 derajat F, sehingga berpotensi menjadi sumber fluida panas 55 derajat di musim panas (yang dapat digunakan untuk mendinginkan udara dalam suatu air conditioning system).
 
Sumber panas ini juga dapat digunakan di musim dingin, namun sedikit lebih kritis di Maine. Selama bulan-bulan musim dingin, fluida yang sama dapat digunakan untuk memprapanaskan udara sebelum udara dimasukkan ke dalam sistem pemanas. Dalam kedua kasus, sumber panas dari tanah dapat menghemat energi secara signifikan untuk memanaskan atau mendinginkan udara di dalam terminal bandara baru.
 
Kontraktor memperkirakan sistem ini akan menghemat pengeluaran bandara sebanyak 50.000 galon minyak per tahun untuk mesin pemanas, atau setara $ 160.000 - $ 200.000 per tahun.
 
 (Sumber: Christopher Mims )- SM
Bagikan berita ini


© 2016 - 2019 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.