DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

ICGMET 2020 Natural Gas Outlook and Market Challenges

28 November 2020 Berita

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto menjadi narasumber International Conference on Gas Management Engineering and Technology (ICGMET) 2020 melalui daring (28/11/2020).

ICGMET 2020 diselenggarakan oleh Universitas Indonesia (UI) ini bertajuk Natural Gas Outlook and Market Challenges yang berupaya menyediakan platform global untuk disatukan oleh peneliti, akademisi, pembuat kebijakan dan profesional untuk bertukar informasi, dan mengidentifikasi kebutuhan penelitian di bidang manajemen gas, teknik, dan teknologi.

Dalam sambutannya, Guru Besar UI Asep Handaya Saputra mengucapkan selamat datang pada narasumber dan peserta ICGMET 2020, ia berharap ICGMET ini memberikan pengetahuan untuk mahasiswa dan peserta dalam mengetahui isu terkini mengenai natural gas di tanah air.

Kepala Divisi Monetisasi Minyak dan Gas Bumi SKK Migas Agus Budiyanto mengungkapkan tantangan gas nasional saat ini adalah pendemi COVID-19, harga gas yang rendah, kompleksitasnya perizinan, meningkatnya pertumbuhan domestic demand, dan infrastrukur gas yang belum terintegrasi.

Dalam kesempatan ini, Djoko menyampaikan bahwa perubahan paradigma pengelolaan energi dalam kebijakan energi nasional yaitu menjadi modal pembangunan nasional.

Lebih lanjut, Djoko menjelaskan pengelolaan energi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, dan menambah multiplier effect, serta menciptakan lapangan kerja baru.

Djoko menjelaskan road map pengurangan impor elpiji seperti dengan penambahan produksi elpiji, Jaringan Gas Kota (Jargas), kompor listrik, dan hilirisasi batubara menjadi DME.

ICGMET menyediakan forum bagi peneliti interdisipliner dari berbagai negara dan komunitas untuk bertukar ide dan merancang solusi dan konsep baru untuk mendiskusikannya dalam menangani prospek gas alam dan tantangan pasar. (Teks: TR/ Editor: KDW).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2021 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.