DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

DEN dan Kemenristek/BRIN Bahas Implementasi Matrik RUEN

01 Desember 2020 Berita

Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional (Setjen DEN) dan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) membahas implementasi Matrik RUEN menggunakan aplikasi Sistem Informasi Pengawasan Matrik RUEN (Si-SANTER). Acara ini diselenggarakan oleh Kemenristek/BRIN di Jakarta 1/12/2020.

Hadir Staf Ahli Menteri Bidang Relevansi dan Produktivitas, Kepala Biro Perencanaan serta perwakilan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Kepala Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis dan Pengawasan Energi, Setjen DEN, Ediar Usman menyampaikan pentingnya kegiatan pengawasan Matrik RUEN sebagai amanat UU Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi dan Perpres Nomor 22 Tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional (RUEN). Lebih lanjut, pelaksanaan Matrik RUEN secara terkoordinasi dan konsisten akan mendorong percepatan capaian Bauran Energi Nasional dengan porsi EBT 23% pada tahun 2025 dan 31% pada tahun 2050.

Wakil Tetap Anggota DEN yang juga Staf Ahli Menteri Bidang Relevansi dan Produktivitas Kemenristek/BRIN, Ismunandar menyampaikan hasil sinkronisasi perencanaan program dan kegiatan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan (riset dan inovasi) di lingkungan Kemenristek/BRIN, Perguruan Tinggi, Lembada Pemerintah Non Kementerian (LPNK) dengan RUEN. Ismunandar berharap dengan aplikasi Si-SANTER akan memudahkan lintas K/L dan LPNK dalam perencanaan dan pelaksanaan riset bersama berbasis inovasi teknologi keenergian yang ramah lingkungan di Indonesia.

Sementara Kepala Biro Perencanaan Kemenristek/BRIN menyampaikan 29 kegiatan Matrik RUEN yang berada di bawah koordinasi Kemenristek/BRIN, yaitu 21 bidang EBT, 3 kegiatan bidang energi fosil, 2 kegiatan bidang ketenagalistrikan dan 3 kegiatan bidang konservasi energi, seperti survei, penelitian dan pengembangan, penguasaan teknologi yang melibatkan satuan kerja di Kemenristek/BRIN, Perguruan Tinggi dan LPNK.

Pada kesempatan ini dilakukan pengisian langsung data dan informasi capaian kegiatan yang telah dilakukan pada masing-masing LPNK. Direncanakan update pelaksanaan Matrik RUEN dapat selesai pada pertengahan Desember ini.

Ediar memberikan apresiasi atas peran serta Kementerian/Lembaga terkait, khususnya Kemenristek/BRIN terhadap penyampaian progres kegiatan di bidang keenergian melalui aplikasi Si-SANTER yang telah diluncurkan pada tanggal 3 September 2020.

Bagikan berita ini


© 2016 - 2021 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.