DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

KESDM dan DEN Bahas Implementasi RUEN

11 Desember 2020 Berita

Sekretariat Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Setjen KESDM) dan Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional (Setjen DEN) membahas implementasi Matrik RUEN menggunakan aplikasi Sistem Informasi Pengawasan Matrik RUEN (Si-SANTER) di Bandung (11/12/2020).

Acara ini diselenggarakan oleh Biro Perencanaan Setjen KESDM. Hadir Kepala Biro Perencanaan, Setjen KESDM, Didiet H. Adityawarman dan Kepala Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis dan Pengawasan Energi, Setjen DEN, Ediar Usman serta perwakilan dari Ditjen Migas serta unit terkait secara virtual.

Didiet H. Adityawarman, saat pembukaan menyampaikan bahwa pentingnya input kegiatan melalui aplikasi Si-SANTER dalam rangka mendorong implementasi RUEN bersama-sama Kementerian/Lembaga terkait dalam pembangunan bidang energi dan mempercepat realisasi RUEN.

Senada, Ediar Usman, menambahkan bahwa implementasi Matrik RUEN sudah dibahas dengan semua K/L Anggota DEN sebagai bagian dari kegiatan pengawasan sesuai amanat UU Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi dan Perpres Nomor 22 Tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional (RUEN). Pengisian data pada Si-SANTER dapat segera dituntaskan mengingat sudah memasuki masa akhir tahun.

Lebih lanjut Didiet, menyampaikan apresiasi dikembangkannya aplikasi Si-SANTER oleh Setjen DEN sehingga memudahkan dalam berkomunikasi dan koordinasi teknis implementasi RUEN.

Dalam Matrik RUEN, terdapat 383 kegiatan dan 235 kegiatan di lingkungan KESDM sebagai leading sector dan sisanya 148 kegiatan di kementerian lainnya. Kegiatan ini terbagi menjadi 85 bidang fosil, 80 bidang EBT, 25 bidang Konservasi Energi, 26 bidang ketenagalistrikan dan 15 bidang lainnya.

Direncanakan input Matrik RUEN dapat selesai akhir Desember ini, sehingga dapat menjadi acuan bagi K/L dalam menyusun rencana dan aksi tindak bidang energi.

Bagikan berita ini


© 2016 - 2021 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.