DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Public Launching Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai

18 Desember 2020 Berita

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menginisiasi penyelenggaraan public launching Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) secara daring yang dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur Bali I Wayan Koster, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Perguruan Tinggi, stakeholder, dan media (17/12/2020).

Dalam laporannya, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial menyampaikan Kementerian ESDM sebagai salah satu anggota tim koordinasi percepatan program KBLBB menginisiasi acara public launching ini dengan tujuan untuk mendiseminasikan program-program Pemerintah Pusat dan Daerah, serta stakeholder dalam mendukung Perpres 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program KBLBB (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Pada kesempatan itu, Arifin mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Kementerian/ Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan pihak swasta yang turut berpartisipasi dalam menyiapkan penyelenggaraan acara ini, dalam keterbatasan akibat pandemi COVID19, masih bersemangat dan berkomitmen tinggi untuk mendukung program KBLBB di Indonesia.

Dasar pemikiran program KBLBB adalah untuk meningkatkan ketahanan energi nasional dengan mengurangi ketergantungan impor Bahan Bakar Minyak (BBM), yang akan berdampak positif dalam pengurangan tekanan pada neraca pembayaran Indonesia akibat impor BBM, tambah Arifin.

Dukungan disampaikan oleh Budi Karya, ia menyampaikan kesiapannya memberi dukungan kepada Menteri ESDM dalam mengimplementasikan program KBLBB, lebih lanjut ia juga menjelaskan baru saja melakukan launching mobil listrik untuk mobil dinas di Kementerian Perhubungan dan berharap dapat dilakukan di Kementerian/ Lembaga dan Pemerintah Daerah lainnya.

Selain itu, Koster mengungkapkan telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Bali No 45 tahun 2019 tentang Bali Energi Bersih dan Pergub Bali No 48 Tahun 2019 tentang Penggunaan KBLBB, dimana hal ini sejalan dengan kearifan lokal dengan membangun alam yang bersih dan ramah lingkungan.

Dalam sambutannya, Luhut menyampaikan terima kasih kepada Kementerian ESDM yang telah berinisiatif untuk mengadakan public launching KBLBB, sebuah rencana yang sangat baik, yang dapat mempersatukan semangat dan komitmen kita semua dalam meningkatkan penggunaan KBLBB di negara yang kita cintai.

Arifin pun berharap penggunaan KBLBB dapat meningkatkan kualitas udara, mendukung pencapaian target pengurangan emisi gas rumah kaca nasional, hal ini sejalan dengan komitmen Indonesia pada Paris Agreement, yaitu menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 29% pada tahun 2030 dan 41% dengan bantuan internasional.

Pemerintah Indonesia sangat serius dalam mendorong implementasi kebijakan KBLBB, kebijakan ini diharapkan menjadi salah satu langkah strategis Pemerintah dalam pemulihan ekonomi sekaligus sebagai upaya meningkatkan kualitas kesehatan melalui lingkungan hidup yang bebas polusi, pungkas Luhut. (Teks: TR/ Editor: KDW).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2021 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.