DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Susun Grand Strategi Energi Nasional, Wujudkan Ketahanan dan Kemandirian Energi Nasional

29 Desember 2020 Berita

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ESDM Ego Syahrial membuka pembahasan Grand Strategi Energi Nasional (GSEN) secara daring (29/12/2020), ia menyampaikan maksud dan tujuan penyusunan GSEN.

Pembahasan GSEN selanjutnya dipimpin oleh Sekjen Dewan Energi Nasional (DEN) dan dihadiri dalam pembahasan tersebut Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, Kementerian PPPN/ Bappenas, Kementerian BUMN, dan SKK Migas.

Djoko menjelaskan GSEN disusun dengan visi mewujudkan ketahanan dan kemandirian energi nasional, dimana agenda kali ini adalah tindak lanjut rapat koordinasi bersama Menteri ESDM, Menteri Keuangan, Menteri BUMN, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi pada tanggal 21 Desember 2020 lalu.

Dalam kesempatan itu, Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Sugeng Mujiyanto memaparkan secara singkat GSEN mulai dari 4 isu strategis dan usulan solusinya sejumlah 11 Program.

Dukungan datang dari Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) Ridwan Djamaluddin, ia ungkapkan bahwa sub sektor minerba dapat memberikan kontribusi lebih dari GSEN yang sedang disusun.

Hal senada, disampaikan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana, dari sub sektor ketenagalistrikan juga dapat didorong dengan melibatkan sektor private, dalam upaya membantu BUMN ketenagalistrikan untuk memenuhi kebutuhan listrik, jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Febrio Kacaribu berharap dalam penyusunan GSEN ini dapat mempertimbangkan secara komperehensif seluruh sektor, sehingga GSEN menjadi kebijakan yang strategis.

Djoko menutup dengan menyampaikan diperlukan sinergi dan kolaborasi lintas sektor dalam menyelesaikan penyusunan GSEN, sebagai salah satu upaya untuk mengurangi impor energi secara signifikan (Teks: TR/ Grafis: OT & CTA/ Editor: KDW).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2021 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.