DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Pembahasan Teknis Grand Strategi Energi Nasional

30 Desember 2020 Berita

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto membuka pembahasan teknis Grand Strategi Energi Nasional (GSEN) secara virtual bersama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Keuangan, dan Kementerian Perindustrian (30/12/2020).

Dalam pengantarnya, Djoko menjelaskan tantangan di sektor energi yaitu demand energi meningkat dengan kapasitas energi terbatas, maka diperlukan GSEN yang di dalamnya terdapat solusi untuk mengatasi tantangan itu.

Hal senada disampaikan Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Sugeng Mujiyanto, menurutnya GSEN yang sedang disusun dalam tahap perhitungan dampak fiskal dan non fiskal, supaya GSEN ini realistis dan dapat diimplementasikan ke depannya.

Dukungan diberikan dari Kementerian Perindustrian, hal ini disampaikan Staf Ahli Menteri Bidang Pendalaman, Penguatan, dan Penyebaran Industri,
Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika.

Lebih lanjut, Putu mengungkapkan GSEN jika direncanakan dengan baik, ini merupakan potensi basis pengembangan industri dan berdampak positif, seperti pada kompor listrik dan motor listrik.

Sementara itu, Kepala Pusat Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Ubaidi S Hamidi menjelaskan bahwa Kementerian Keuangan akan berkoordinasi secara internal dalam menyiapkan kerangka berpikir yang menyeluruh untuk masing-masing program dalam GSEN ini.

Optimisme disampaikan Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi, ia optimis mengenai GSEN bahwa harga kendaraan listrik ke depan akan terkoreksi dengan adanya perkembangan teknologi baterai, sekaligus sebagai upaya memaksimalkan pengurangan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) agar lebih cepat.

Djoko menutup dengan rencana tindak lanjut pembahasan secara menyeluruh dan komperhensif pada masing-masing program GSEN dengan Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Perindustrian pada awal Januari 2021. (Teks: TR/ Editor: KDW).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2021 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.