DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Rencana Peningkatan Produksi Migas

06 Januari 2021 Berita

Jakarta, 5/1/2021. Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto memimpin rapat koordinasi penyusunan Grand Strategi Energi Nasional (GSEN) secara konferensi video yang dihadiri Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian, SKK Migas, BPDPKS, Pertamina, PLN, Bukit Asam, dan PGN.

GSEN memiliki visi mewujudkan ketahanan dan kemandirian energi nasional, sedang disusun secara lintas sektoral sejak akhir tahun 2020. Lalu, apa yang kali ini dibahas?

Saat membuka rapat, Djoko menjelaskan pembahasan ini merupakan tindak lanjut rapat penyusunan GSEN sebelumnya, dimana saat ini sedang membahas cost benefit dan multiplier effect program peningkatan produksi minyak dan gas bumi untuk mendapat masukkan dari Kementerian/ Lembaga dan pihak terkait lainnya.

Penyusunan GSEN memasuki penjelasan detil mengenai solusi-solusi atau program-program untuk mencapai visi GSEN tersebut, ujar Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Sugeng Mujiyanto.

Menanggapi hal itu, Deputi Perencanaan SKK Migas Jaffee Arizon Suardin mengungkapkan pemberian insentif migas diperlukan dalam konteks memaksimumkan nilai keekonoman dari suatu lapangan dan kriteria minimum investasi tersebut berdasarkan pertimbangan masing-masing operator dan akan dilihat kewajarannya oleh Pemerintah.

Untuk penyempurnaan GSEN, Analis Kebijakan Ahli Madya BKF Kementerian Keuangan Zulvia Dwi Kurnaini menyampaikan perlu memperhitungkan national benefit yang mencakup aspek ekonomi maupun lingkungan, dan membandingkannya dengan fiscal support yang harus disedikan (cost benefit analysis secara komperehensif).

Sementara itu, Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji menyampaikan bahwa pihaknya tengah membuat kriteria yang diperlukan untuk menjadi basis dalam penentuan insentif, agar ke depan lebih mudah dan tidak akan menjadi masalah.

Djoko menutup rapat dengan mengucapkan terima kasih atas masukkan dari berbagai pihak dan berharap esok hari dapat dilanjutkan pembahasan GSEN mengenai rencana pengurangan impor BBM, rencana pengembangan kilang, dan rencana pengurangan impor LPG. (Teks: TR/Editor: KDW)

Bagikan berita ini


© 2016 - 2021 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.