DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Outlook Energy Indonesia 2021

07 Januari 2021 Berita

Jakarta, 6/1/2021. Solopos menggelar Talkshow Virtual bertajuk Outlook Energy Indonesia 2021, yang menghadirkan Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto sebagai narasumber pada acara tersebut.

Dalam sambutannya, Direktur Bisnis Solopos Group Suwarmin mengatakan tahun 2021 akan menjadi tahun titik tolak kebangkitan dalam menghadapi COVID-19, yang membawa optimisme, bagaimana kesiap-siagaan sektor energi dalam mendukung sektor ekonomi Indonesia.

Pada kesempatan ini, Djoko menyampaikan penyusunan Outlook Energi Indonesia merupakan kegiatan tahunan di Sekretariat Jenderal DEN sejak tahun 2014, yang mengikutsertakan unit-unit di Kementerian ESDM, Kementerian/ Lembaga, dan Asosiasi Produsen Pupuk Indonesia, serta pihak terkait lainnya.

Selanjutnya, Djoko juga menjelaskan untuk mewujudkan ketahanan dan kemandirian energi nasional, saat ini sedang disusun Grand Strategi Energi Nasional (GSEN), dimana tantangannya adalah demand energi meningkat dan kapasitas pasokan energi yang terbatas, salah satunya disebabkan LPG yang masih impor.

Untuk itu, solusi yang ditawarkan dalam GSEN adalah mengurangi LPG impor dengan meningkatkan produksi LPG domestik, meningkatkan pembangunan jaringan gas kota, mendorong pemanfaatan kompor listrik, dan mengembangkan produksi DME serta syngas, pungkas Djoko.

Di acara yang sama, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengungkapkan PLN mendukung Pemerintah dalam upaya meningkatkan kemandirian dan ketahanan energi dengan gerakan menuju Indonesia mandiri energi melalui konversi kompor LPG ke kompor induksi.

Selain itu, Deputy CEO Adaro Power Dharma Djojonegoro menjelaskan dalam mendukung Pemerintah yang mendorong nilai tambah batubara, pihaknya bekerja sama dengan Pertamina untuk pengembangan dan/ atau pemanfaatannya di antaranya berupa gasifikasi batubara. (Penulis: TR/ Editor: KDW).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2021 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.