DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Pembangunan Transmisi Gas

18 Januari 2021 Berita

Jakarta, 6/1/2021. Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan, Sugeng Mujiyanto memimpin rapat secara konferensi video pembahasan pembangunan transmisi gas sebagai salah satu rekomendasi kebijakan di dalam Grand Strategi Energi Nasional (GSEN) yang dihadiri Staf Ahli Menteri Perencanaan, KESDM, Ditjen Migas, KESDM, BPH Migas, PT. Pertagas.

Sugeng menjelaskan GSEN disusun dengan visi mewujudkan ketahanan dan kemandirian energi nasional. Agenda kali ini pembahasan awal mengenai pembangunan transmisi gas Cisem dan Dumai-Sei Mangke. Sugeng juga menjelaskan bahwa program transmisi gas ini memerlukan dukungan data dari pihak terkait untuk melihat kebutuhan anggaran dan data supply-demand gas.

Rizal Fajar Muttaqin, perwakilan Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, KESDM mengatakan bahwa saat ini Pemerintah sedang menyusun kebutuhan anggaran program ini. Selain itu, pembangunan transmisi gas ini diperkiraan akan dilakukan secara bertahap, mengingat diperlukan kesesuaian antara supply dan demand.
Pembangunan ini berdasarkan arahan Menteri ESDM, oleh sebab itu diperlukan koordinasi dengan piha2 terkait.

Yudo D Priaadi, SAM Bidang Perencanaan Strategis, KESDM, mengatakan bahwa persiapan kalkulasi mengenai kebutuhan anggaran sangat penting dan perlu dikoordinasikan dengan Kementerian Keuangan. Selain itu, Yudo juga menyampaikan pendapat mengenai pembebasan lahan dan  dukungan fiskal Pemerintah. 

Sophan Sophian, perwakilan PT. PGN menjelaskan bahwa saat ini yang menjadi fokus perhatian adalah mengenai supply dan demand gas, selain itu mengenai skema pembiayaan juga perlu dijelaskan dari awal agar program ini dapat berjalan sukses sampai kedepannya.

Sugeng menutup rapat dengan mengatakan bahwa rapat pembahasan mengenai pembangunan transmisi gas Cisem dan Dumai-Sei Mangke akan dilakukan secara terus menerus, perlu adanya dukungan data dari berbagai pihak untuk mensukseskan program ini.

Bagikan berita ini


© 2016 - 2021 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.