DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Rapat Perdana Anggota DEN dari Pemangku Kepentingan, Apa yang Dibahas?

20 Januari 2021 Berita

Jakarta, 20/1/2021. Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) dari Pemangku Kepentingan baru saja dilantik 8 Januari 2021 lalu oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) selaku Ketua Harian DEN di Jakarta.

Langsung tancap gas, Anggota DEN dari Pemangku Kepentingan tersebut mulai melakukan koordinasi membahas program kerja tahun 2021 berdasarkan capaian kinerja tahun 2020.

Rapat dipimpin oleh Anggota DEN dari Pemangku Kepentingan Daryatmo Mardiyanto dan dihadiri 7 Anggota DEN dari Pemangku Kepentingan lainnya yaitu Agus Puji Prasetyono, Musri, Satya Widya Yudha, Herman Darnel Ibrahim, Eri Purnomohadi, As Natio Lasman, dan Yusra Khan.

Rapat juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto, Kepala Biro Umum Mustika Pertiwi, Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Sugeng Mujiyanto, dan Kepala Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis dan Pengawasan Energi Ediar Usman.

Anggota DEN dari Pemangku Kepentingan saling memperkenalkan diri, Satya menyampaikan bahwa Anggota DEN dari Pemangku Kepentingan periode 2020-2025 akan rutin untuk berdiskusi, dan berharap ini merupakan awal yang baik serta untuk membesarkan kelembagaan DEN.

Senada, Agus Puji berharap APK DEN berusaha untuk meningkatkan ketahanan dan kemandirian energi nasional, serta membawa DEN semakin berwibawa ke depannya.

Sementara itu, As Natio menyampaikan kerja sama antar Anggota DEN dan Sekretariat Jenderal DEN baik secara teknis dan maupun non teknis harus lebih baik, dimana periode 5 tahun ke depan menjadi tonggak, dan mengajak untuk membangun kebersamaan dengan dinamika yang ada.

Musri menyampaikan perkenalan dari Pemangku Kepentingan Akademisi yang berasal dari Makassar. Selain itu, Yusra menyampaikan dukungannya terhadap konsolidasi yang kuat, integritas, kredibilitas, dan akuntabiltas di tubuh DEN agar menjadi lebih baik dengan dukungan dari berbagai pihak.

Eri memperkenalkan diri dari Pemangku Kepentingan Konsumen, ia mengungkapkan dirinya memiliki pengalaman menjadi Tim Percepatan konversi BBM ke gas untuk nelayan.

Sedangkan Herman menjelaskan perlunya penguatan DEN yg dapat diwujudkan antara lain melalui konsistensi persidangan DEN dan kehadiran Anggota DEN dari Pemerintah.

Poin penting pembahasan mencakup mengenai administrasi, Rencana Strategis DEN yang berbasis pada RPJMN 2020 s.d 2024, visi misi DEN yang merupakan turunan visi misi Presiden, Rencana Kerja 2021, Program dan Kegiatan, serta dukungan penganggaran.

Sebagai penutup, Daryatmo menyampaikan rapat akan dilanjutkan pada tanggal 22 Januari 2021 dengan membahas Grand Strategi Energi Nasional, Cadangan Penyangga Energi, dan RKA KL 2020-2021 (Teks: TR/ Editor: KDW).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2021 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.